Bupati Ingatkan Netralitas ASN

Bupati Ingatkan Netralitas ASN

Menjelang pesta demokrasi yang digelar secara serentak pada April mendatang, Bupati Bulungan H.Sudjati mengingatkan kembali kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bulungan untuk tidak terlibat dalam politik praktis di Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 ini. Dijelaskannya, sekalipun ASN sejatinya tetap memiliki hak suara pada Pemilu Calon Legislatif dan Presiden/Wakil Presiden nantinya. Namun, itu bukan

Menjelang pesta demokrasi yang digelar secara serentak pada April mendatang, Bupati Bulungan H.Sudjati mengingatkan kembali kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bulungan untuk tidak terlibat dalam politik praktis di Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 ini. Dijelaskannya, sekalipun ASN sejatinya tetap memiliki hak suara pada Pemilu Calon Legislatif dan Presiden/Wakil Presiden nantinya. Namun, itu bukan berarti ASN dapat secara bebas menunjukkan dukungannya dengan terbuka terhadap para calon tersebut.

“Sehingganya netralitas seorang ASN harus dijaga dengan baik dalam Pemilu 2019 ini. Sebab telah diatur dalam perundang-undangan,” ungkap bupati.

Dikatakannya juga, sebagai ASN dalam situasi tahun-tahun politik ini harus lebih meningkatkan rasa kehati-hatiannya. Pasalnya, jangan sampai karena ketidaktahuan akan batasan-batasan sebagai seorang ASN dalam dunia politik, dapat menjerumuskan dalam permasalahan hukum lantaran dianggap tak netral.

“Karena itu sudah diatur dalam perundang-undangan, ketika melakukan politik praktis atau tak netral tentu akan ada sanksi tersendiri sebagaimana telah diatur dalam undang-undang,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakan bupati, dengan mengajak para ASN tetap netral, setidaknya para ASN INI tidak berpengaruh dengan kondisi politik yang terjadi saat ini. Namun kembali ia tegaskan jika ada yang tidak netral atau memihak salah satu calon akan ada sanksinya.

“ASN juga diharapkan untuk bisa mensukseskan pemilu 2019 ini,” sebutnya.

Bupati berharap, dengan imbauan yang telah diberikan kepada ASN ini, dapat menjadi perhatian secara serius. Dan tentunya, dapat dipahami dengan baik agar tak merugikan diri ASN itu sendiri nantinya. Jika sampai terbukti melanggar tentu itu ada pasal yang menjeratnya.

“Itulah kembali saya meminta ASN harus lebih berhati-hati,’’ katanya.

Di sisi lain, Bupati tetap tak bosan agar tetap mengingatkan ASN di Pemkab Bulungan agar tetap menjadi abdi negara yang baik apalagi di tengah kemajuan tekhnologi saat ini, tentu harus disikapi dengan baik pula Karena bisa saja, kesalahan dalam memberikan suatu komentar di media sosial (medsos) yang berkaitan dengan politik parpol itu bisa menjerat ASN.

“Berhati-hati pula dalam bermedia sosial,” sebutnya.

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh ASN untuk bisa mengajak masyarakat Bulungan untuk selalu menjaga keamanan ketertiban masyarakat di Bumi tenguyun baik itu saat ini, selama masa pemilu nanti maupun selamanya.

“Apabila ada isu provokasi untuk memecah belah kerukunan umat beragama, diharapkan masyarakat tidak terpancing. “Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari. Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati dan saling melukai hati antar sesama anak negeri,” katanya mengakhiri.

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *