Pelaku Bobol Brangkas Disnakertrans Bulungan Ditangkap

Pelaku Bobol Brangkas Disnakertrans Bulungan Ditangkap

TANJUNG SELOR – Setelah sempat menjadi buronan aparat Kepolisian Resor (Polres) Bulungan, akhirnya pelaku pembobolan kantor sekaligus sebuah brangkas di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bulungan beberapa waktu lalu dibekuk petugas, sebagaimana yang disampaikan dalam press release di Mapolres Bulungan, Kamis (17/01/19). Dikatakan Kapolres Bulungan AKBP Andrias Susanto Nugroho didampingi Kasat Reskrim Polres Bulungan

TANJUNG SELOR – Setelah sempat menjadi buronan aparat Kepolisian Resor (Polres) Bulungan, akhirnya pelaku pembobolan kantor sekaligus sebuah brangkas di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bulungan beberapa waktu lalu dibekuk petugas, sebagaimana yang disampaikan dalam press release di Mapolres Bulungan, Kamis (17/01/19).

Dikatakan Kapolres Bulungan AKBP Andrias Susanto Nugroho didampingi Kasat Reskrim Polres Bulungan AKP Gede Prasetia Adi Sasmita, ialah IY seorang pemuda yang merupakan pelaku yang berhasil diamankan pihaknya belum lama ini.

“IY ini ditangkap di Jalan H.Maskur, Kelurahan Tanjung Selor Hulu,” ungkapnya.

Adapun proses penangkapan pelaku ini kata Andrias ialah berkat sinergi dengan masyarakat, dimana ada diterima informasi bahwa di Jl. H. Maskur ada yang resah dengan seorang laki-laki yang berjalan kaki dengan mengelilingi rumah warga, kemudian dilaporkan kepada pihak Reskrim.

“Setelah petugas sampai di TKP yang dilaporkan, terlihat orang yang dimaksud terlihat mirip dengan hasil rekaman CCTV kantor Disnakertrans yang sempat dibobol maling beberapa bulan lalu, dimana uang tunai sebesar Rp 35 juta dalam brangkas raib,” ungkapnya.

Saat itu lanjut Andrias, pelaku yang melihat petugas dan merasa hendak diamankan, kemudian berusaha melarikan diri dari petugas, sehingga petugas pun terpaksa memberikan tembakan peringatan sebanyak dua kali, namun tidak diindahkan oleh pelaku.

“Lantaran tak diindahkan, petugas pun terpaksa melumpuhkan pelaku dengan timah panas ke arah kaki pelaku,” ungkapnya.

“Setelah diamankan ditemukan 1 buah gunting dan 1 buah obeng dan dibawa ke Polres Bulungan,” sambungnya.

Berdasarkan keterangan dari pelaku, benar ia telah melakukan pencurian atau pembobolan pada sejumlah lokasi yang ada di Tanjung Selor, setidaknya ada 18 TKP disebutkannya, hanya saja dua TKP yang dinaikkan ke penyidikan.

“16 TKP lainnya tidak dinaikan karena rata-rata korban tidak mau melaporlantaran  hanya mengalami kerugian kecil, rata-rata Rp 200 ribu sampai dengan Rp 500 ribu,” jelasnya.

Adapun TKP yang dinaikkan ke penyidikan kata Andrias yaitu TKP Kantor Disnakertrans Bulungan dan Kantor Kelurahan Tanjung Selor Hilir. Dijelaskan Andrias berdasarkan hasil pengembangan pihaknya, sesuai LP/70/IX/2018/Kaltara/Resbul, Tanggal 08 September 2018 dimana kejadiannya Disnakertrans Bulungan ia mengasak uang senilai Rp 35 juta dengan cara membobol brangkas setelah berhasil masuk dalam kantor.

“Yang mana uang tersebut telah habis digunakan pelaku untuk bermain dan membeli paket game online, membeli jaket jeans warna biru, memasang kawat gigi/behel setiap seminggu sekali dan menyuntikkan Vit C atau pemutih kulit,” jelasnya.

Sementara pegembangan kedua, sesuai LP/02/I/2019/kaltara/Resbul, tanggal 02 Januari 2019 dengan TKP Kantor Kelurahan Tanjung Selor Hilir ia berhasil mencuri berupa 1 buah kamera canon SLR 1100 D warna hitam beserta charger warna hitam dan uang tunai sebesar Rp 1,5 juta,” jelasnya.

“Barang bukti kamera ditemukan padanya dan uang hasil curian digunakan tersangka untuk bermain game online,” sambungnya.

Adapun modus operandi pelaku ini kata Andrias seperti merusak atau mencungkil jendela dengan sasaran rumah, perkantoran dan warung-warung kecil yang kosong, ia kerap beraksi pada malam hari dengan menggunakan obeng dan merusak brangkas dengan memukulkan obeng ke brangkas.

“Pelaku dikenakan pasal 363 ayat (1) ke 3 dan ke 5 KUHP dengan ancaman  maksimal 7 tahun penjara,” pungkasnya.

Untuk diketahui dalam press release tersebut setidaknya ada 3 orang tersangka lagi yang turut dihadirkan Satreskrim Polres Bulungan dalam berkas perkara yang berbeda-beda, namun satu kasus yang sama yaitu pencurian. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *