UPTD PLUT Bulungan Gelar Produk UMKM

UPTD PLUT Bulungan Gelar Produk UMKM

TANJUNG SELOR – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Bulungan laksanakan gelar produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di wilayahnya, kegiatan dilaksanakan di Lantai II serambi Serba Guna Kantor Bupati Bulungan, Rabu (23/1/19). Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 wita itu memasarkan produk-produk UMKM yang ada di Bulungan seperti

TANJUNG SELOR – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Bulungan laksanakan gelar produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di wilayahnya, kegiatan dilaksanakan di Lantai II serambi Serba Guna Kantor Bupati Bulungan, Rabu (23/1/19).

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 wita itu memasarkan produk-produk UMKM yang ada di Bulungan seperti olahan makanan, gantungan kunci, tas, kerajinan tangan hingga pakaian. Pegunjung  pun tampak begitu antusias.

Tidak hanya ASN maupun Non ASN di lingkungan Sekretariat Pemkab Bulungan saja, namun juga dari ASN Pemerintah kabupaten kota lainya yang berkegiatan di ruang serba guna Kantor Bupati itu pun turut berkunjung dalam gelar produk UMKM tersebut.

Dijelaskan Kepala UPTD PLUT Bulungan Ikhsan Kurniawan, kegiatan tersebut merupakan upaya promosi produk UMKM yang ada di Bulungan, dimana dimaksudkan untuk memperkenalkan produk yang ada di Bulungan kepada masyarakat luas. Terlebih beberapa hari ini di Bulungan sendiri, khususnya di Kantor Bupati ada kegiatan Rakor Bappeda yang diikuti oleh seluruh kabupaten/kota yang ada di Kaltara.

“Acara ini mulai kami lakukan sejak tanggal 22 Januari 2019 sampai dengan tanggal 23 Januari 2019,” ungkapnya saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan tersebut.

Disebutkannya gelar produk tersebut diikuti oleh produk-produk UMKM di Bulungan, utamanya dari produk kerajinan, makanan dan beberapa lainya lagi. Dengan harapan dengan adanya gelar produk ini, produk UMKM yang ada di bulungan dapat dikenal lagi.

“Artinya tidak hanya di dalam daerah saja namun bisa lebih luas lagi  yaitu se-Kaltara,” ungkapnya.

Dijelaskannya produk yang ada pada pihaknya  itu memang berasal dari Bulungan, yang meliputi seluruh kecamatan yang ada, namun yang ditawarkan saat gelar produk tersebut kebanyak berasal dari kecamatan Tanjung Selor.

“Mengingat waktu yang sempit, sehingga kecamatan lain tidak sempat kami akomodir,” jelasnya.

Disebutkannya pada dasarnya banyak potensi UMKM yang dapat dikembangkan di Bulungan ini, setiap kecamatan memiliki potensinya sendiri-sendiri, seperti misalnya di Mangkupadi, Tanjung Palas Timur, olahan hasil laut yang tentunya memiliki ciri khasnya sendiri.

“Yang banyak diminati itu biasanya memang produk olahan makanan, seperti cemilan, karena praktis, harga yang kita tawarkan Insya Allah terjangkau, atau harga pasaran,” pungkasnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *