Kini AKN Bulungan Miliki Gedung Perkuliahan Sendiri

Kini AKN Bulungan Miliki Gedung Perkuliahan Sendiri

TANJUNG SELOR – Setelah sempat menumpang pada Gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanjung Palas untuk urusan perkuliahan, akhirnya mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bulungan kini resmi menggunakan gedungnya perkuliahan sendiri, hal ini lantaran telah diresmikannya gedung perkuliahan oleh Bupati Bulungan H.Sudjati, Kamis (24/1). Gedung yang berada di Jalan M. Tayib, Tanjung Palas Hilir,

TANJUNG SELOR – Setelah sempat menumpang pada Gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanjung Palas untuk urusan perkuliahan, akhirnya mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bulungan kini resmi menggunakan gedungnya perkuliahan sendiri, hal ini lantaran telah diresmikannya gedung perkuliahan oleh Bupati Bulungan H.Sudjati, Kamis (24/1).

Gedung yang berada di Jalan M. Tayib, Tanjung Palas Hilir, Kecamatan Tanjung Palas tersebut diresmikan dengan ditandai pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng oleh bupati, yang juga turut didampingi oleh Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Hamka, S.Tp, M.Sc.

Pihak Pemerintah Kabupaten Bulungan sendiri berharap agar dengan adanya gedung perkuliahan yang baru tersebut, para mahasiswa, beserta dosen program studi, dan segenap pegawai AKN Bulungan, dapat melaksanakan pendidikan yang lebih baik lagi, khususnya dalam program studi perkebunan, serta tanaman pangan dan hortikultura.

Dalam sambutannya bupati menyebutkan keberadaan program studi yang ada tersebut, tentunya sangat penting dalam mendukung visi mewujudkan Kabupaten Bulungan sebagai pusat pangan berbasis industri.

“Untuk itu mari kita jadikan AKN Bulungan ini, sebagai laboratorium ilmu pengetahuan, kajian ilmiah hingga pembentukan karakter dan sumber daya manusia yang unggul, di bidang perkebunan, tanaman pangan dan hortikultura,” jelasnya.

Bupati melanjutkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2018, terdapat 444 perusahaan industri pangan dan 91 perusahaan pada industri hasil hutan yang beroperasi di Kabupaten Bulungan.

“Kami tentu berharap, keberadaan perusahaan tersebut nantinya dapat menyerap tenaga kerja lulusan dari AKN Bulungan,” jelasnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa sebenarnya AKN di Bulungan sudah berdiri sejak lama, hanya saja bangunannya belum ada, meski demikian Pemerintah Kabupaten Bulungan juga berupaya untuk mengadakan gedung perkuliahan sendiri. Agar AKN Bulungan juga semakin baik dan lebih mandiri lagi.

“Sudah lama, hanya saja baru bisa kita resmikan gedungnya, sudah ada satu angkatan yang lulus, ada dua angkatan yang sedang berjalan saat ini, memang saat ini baru D1 dan D2, D3 nya sedang dipersiapkan,” sebutnya.

Terlepas dari itu sehari sebelumnya pihaknya juga menerima audensi yang dilakukan oleh pihak Politeknik Pertanian Negeri Samarinda di ruang rapatnya, dijelaskannya pertemuan tersebut guna mendengarkan paparan yang dilakukan oleh pihak tersebut.

“Termasuk salah satunya membahas mengenai untuk penambahan program pendidikan D3 itu,” tutupnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *