Batik dan Produk Khas Bulungan Ditampilkan dalam Kunker Ketua Dewan Kerajinan Nasional

Batik dan Produk Khas Bulungan Ditampilkan dalam Kunker Ketua Dewan Kerajinan Nasional

TANJUNG SELOR – Batik dan sejumlah produk Usaha Kecil Menengah (UKM) khas Bulungan turut ditampilkan oleh pihak Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Bulungan dalam acara Kunjungan kerja (Kunker) Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Ny Hj Mufidah Jusuf Kalla di Hotel Tarakan Plaza Kota Tarakan, Kamis pagi (24/1). Dalam moment tersebut dikatakan Ketua Dewan Kerajian

TANJUNG SELOR – Batik dan sejumlah produk Usaha Kecil Menengah (UKM) khas Bulungan turut ditampilkan oleh pihak Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Bulungan dalam acara Kunjungan kerja (Kunker) Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Ny Hj Mufidah Jusuf Kalla di Hotel Tarakan Plaza Kota Tarakan, Kamis pagi (24/1).

Dalam moment tersebut dikatakan Ketua Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Bulungan, Ny Hj Titien Iriany tentu dimanfaatkan untuk memperkenalkan sekaligus promosi produk yang ada di Bulungan seperti misalnya batik khas Bultiya (Bulungan, Tidung, Dayak).

“Selain desain baju daerah, kita juga mempromosikan berbagai produk khas Bulungan dari UKM yang ada,” terangnya.

Seperti diketahui, kunker Ketua Umum Dekranas merupakan bagian dari sinergi program Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK di kabupaten kota se-Kaltara. Dalam kunker tersebut, selain ditampilkan berbagai produk UKM, juga diisi fashion show batik khas kabupaten kota se-Kaltara.

Ketua Umum Dekranas, Ny Hj Mufidah Jusuf Kalla dalam sambutannya berharap, keberadaan Dekranasda di tiap kabupaten kota dapat meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat setempat dengan pengembangan kerajinan daerah dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) seusai budaya kerajinan yang ada di masing-masing kabupaten kota.

“Adanya Dewan Kerajinan Nasional juga untuk melestarikan warisan budaya Nusantara, dan pada skala mikro dan menengah, produk kerajinan bisa jadi mata pencaharian memanfaatkan bahan baku lokal,” terangnya.

Ditambahkan, melalui kunker Dekranas diharapkan ada bagi pengalaman bagi para pengusaha UMKM di Kaltara dengan pihak yang berkompeten, mengenai pengembangan usaha, pemasaran serta promosi.

Kunker Ketua Umum Dekranas merupakan rangkaian kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM yang turut diisi sosialisasi serta bimbingan teknis LPDB-KUMKM (Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). (MC/Pemkab Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *