Bupati Bulungan Lantik Direktur PDAM Pariode 2019-2024

Bupati Bulungan Lantik Direktur PDAM Pariode 2019-2024

TANJUNG SELOR – Usai terpilih, Direktur Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Danum Benuanta Bulungan yang baru saat ini telah resmi berkerja, hal ini lantaran telah dilantiknya pejabat tersebut oleh Bupati Bulungan H.Sudjati di Gedung Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan, Jumat (1/2). Bupati dalam sambutannya menyebutkan sebagai perusahaan daerah, keberadaan PDAM mempunyai peran ganda, di

TANJUNG SELOR – Usai terpilih, Direktur Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Danum Benuanta Bulungan yang baru saat ini telah resmi berkerja, hal ini lantaran telah dilantiknya pejabat tersebut oleh Bupati Bulungan H.Sudjati di Gedung Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan, Jumat (1/2).

Bupati dalam sambutannya menyebutkan sebagai perusahaan daerah, keberadaan PDAM mempunyai peran ganda, di satu sisi sebagai institusi yang berorientasi sosial untuk memberikan layanan publik, namun di sisi lain juga berorientasi ekonomi, yaitu untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang dapat mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). 

“Oleh karena itu, kami minta kepada direktur terpilih untuk menahkodai pdam kabupaten bulungan, melakukan pembenahan baik internal maupun eksternal, demi peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan PDAM kepada masyarakat,” jelasnya. 

Lebih jauh dikatakan bupati, secara internal, langkah awal yang harus dilakukan adalah konsolidasi organisasi pdam. mulai saat ini, termasuk seluruh sumber daya pdam, harus bersatu, melangkah dan bergerak bersama menatap masa depan yang lebih baik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. hal serupa juga dilakukan untuk tatanan eksternal.

Bupati menegaskan bersama seluruh stakeholder terkait, direktur dan seluruh jajaran manajemen PDAM juga dituntut untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Pengembangan jaringan dan peningkatan kuantitas dan kualitas layanan distribusi produk yang dihasilkan dapat dilaksanakan secara optimal, sehingga masyarakat benar-benar merasa puas dengan berbagai bentuk layanan yang diberikan,” sebutnya.

Hal tersebut kata bupati, Pemkab Bulungan sangat harapkan, karena selama ini, pihaknya masih sering mendapat laporan dari masyarakat, layanan pdam belum optimal.

“Untuk itu, lakukan optimalisasi, sehingga fasilitas pdam yang sudah dibangun di sejumlah kecamatan benar-benar berdaya dan berhasil guna,” bebernya.

Dilanjutkannya untuk masyarakat yang hingga saat ini belum dapat menikmati layanan air bersih, kepada direktur pdam yang baru, kami minta segera membuat terobosan dan inovasi. 

“Langkah ini penting, agar fasilitas yang dibangun dengan dana yang tidak sedikit itu, dapat bermanfaat bagi masyarakat secara maksimal,” ucapnya.

Berkenaan dengan kualitas pelayanan produk yang dihasilkan PDAM, pihaknya juga berharap agar benar-benar dapat mendistribusikan air yang bisa dikonsumsi masyarakat sesuai standar kesehatan.

“Karena sejauh ini sesuai keluhan masyarakat yang kami terima, air yang didistribusikan baru sebatas air untuk mencuci dan mandi,” terangnya.

Padahal jika merujuk pada eksistensinya, PDAM adalah perusahaan daerah air minum. tapi kenyataannya, masyarakat banyak mengartikan pdam dengan singkatan “perusahaan daerah air mandi”. konotasi yang belum semestinya melekat pada huruf “M” atau huruf terakhir dari singkatan pdam di mata masyarakat tersebut, harus menjadi tantangan besar bagi direktur. 

“Untuk itu lakukan terobosan dan inovasi dengan manfaatkan kemajuan teknologi, guna merubah image tersebut, sehingga keberadaan pdam benar-benar sesuai peran dan fungsinya, yaitu sebagai perusahaan daerah air minum. persoalan ini sangat penting kami sampaikan, karena air yang layak konsumsi sesuai standar kesehatan, merupakan salah satu kebutuhan yang vital dalam menunjang hidup dan kehidupan manusia,” pungkasnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *