Pemkab Bulungan Luncurkan Aplikasi Simotivasi

Pemkab Bulungan Luncurkan Aplikasi Simotivasi

TANJUNG SELOR – Dalam rangka menginovasi proses monitoring dan mengevaluasi kinerja pemerintah daerah dalam hal ini pemkab bulungan, bagian pembangunan sekretariat daerah (setda) bulungan luncurkan aplikasi sistem informasi monitoring dan evaluasi (Simotivasi) yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan Senin (4/2). Aplikasi hasil inisiasi Bagian Pembangunan Setda Bulungan  tersebut langsung diluncurkan oleh

TANJUNG SELOR – Dalam rangka menginovasi proses monitoring dan mengevaluasi kinerja pemerintah daerah dalam hal ini pemkab bulungan, bagian pembangunan sekretariat daerah (setda) bulungan luncurkan aplikasi sistem informasi monitoring dan evaluasi (Simotivasi) yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan Senin (4/2).

Aplikasi hasil inisiasi Bagian Pembangunan Setda Bulungan  tersebut langsung diluncurkan oleh Bupati Bulungan H.Sudjati, dalam hal ini ia katakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan mengamanatkan pimpinan kementerian/lembaga/daerah untuk melakukan pemantauan pelaksanaan rencana kerja.

“Untuk meningkatkan pelaksanaan pelaporan dan pemantauan, maka telah dilakukan perbaikan terhadap aplikasi sebagai alat pelaporan,” ujar bupati.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut kata bupati, ia meluncurkan dan memperkenalkan Aplikasi yang menginovasi proses dan mengevaluasi kinerja pemerintah daerah, khususnya dalam proses dalam rangka pengendalian program pembangunan daerah menjadi lebih transparan, cepat, terintegrasi, konsisten dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Simotivasi sendiri kata bupati ialah merupakan aplikasi monev berbasis berbasis web yang bisa dipakai bersama,” jelasnya.

Sistem itu kata bupati dapat memberikan data yang lengkap tanpa mesti meminta data langsung ke instansi terkait sehingga sistem pelaporan menjadi lebih cepat, karena tidak perlu lagi menunggu laporan berupa email maupun paper based.

“Laporan berbasis web ini selanjutnya dapat diolah dalam waktu yang real time,” jelasnya.

Selanjutnya disebutkan bupati, aplikasi pelaporan ini dimaksudkan untuk mempermudah para user pada setiap satuan kerja (satker) untuk membuat laporan-laporan dalam berbagai format yang telah disediakan.

“Selain itu penggunaan sistem aplikasi pelaporan ini yaitu sistem aplikasi pelaporan monitoring dan evaluasi kegiatan dan anggaran, yang dimaksudkan untuk mempermudah pimpinan satker untuk melakukan pengendalian kegiatan dan anggaran di seluruh satker,” ujarnya mengakhiri. (MC Bulungan/slu) 

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *