Perusda Bulungan Diwacanakan Mengembangkan Beras Lokal

Perusda Bulungan Diwacanakan Mengembangkan Beras Lokal

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan mewacanakan Perusahaan Daerah (Perusda) Berdikari di Bumi Tenguyun untuk mengelola dan mengembangkan sektor pertanian yang terdapat di Bulungan, hal tersebut dilakukan setelah lengkapnya direksi pada perusahaan tersebut yang saat ini masih berproses. Dikatakan Bupati Bulungan H.Sudjati memang sejauh ini perusda yang telah berdiri sejak tahun 1965 itu masih

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan mewacanakan Perusahaan Daerah (Perusda) Berdikari di Bumi Tenguyun untuk mengelola dan mengembangkan sektor pertanian yang terdapat di Bulungan, hal tersebut dilakukan setelah lengkapnya direksi pada perusahaan tersebut yang saat ini masih berproses.

Dikatakan Bupati Bulungan H.Sudjati memang sejauh ini perusda yang telah berdiri sejak tahun 1965 itu masih belum optimal dalam pengelolaannya atau belum banyak memberikan kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bulungan lantaran apa yang dikelola belum begitu menguntungkan.

“Sebelumnya perusda ini bergerak di sektor bahan material, tapi belum menjanjikan, oleh karenanya kita melihat potensi di sektor pertanian yang cukup besar di Bulungan, maka direncanakan untuk beralih ke potensi tersebut,” ungkapnya, Rabu (6/2).

Lebih jauh ia katakan, memang jika melihat perkembangan yang ada, dirinya juga menilai pengembangan usaha produksi beras melalui perusda sesuai rencana tersebut dirasanya cukup menjanjikan, sebab selain belum ada di Bulungan, secara tidak langsung juga dapat menyiapkan pangsa pasar bagi para petani yang ada.

“Karena dapat diketahui sendiri sejauh ini juga petani yang ada sulit memasarkan hasil produksi mereka. Itu juga yang kerap dikeluhkan,” tuturnya.

Rencana pengembangan beras lokal tersebut kata bupati juga merupakan rekomendasi dari pihak Unmul yang telah melakukan kajian. Tentu hal tersebut kata bupati juga sejalan dengan visi misi Bulungan yaitu Mewujudkan Kabupaten Bulungan Sebagai Pusat Pangan Yang Berbasis Industri

Selain akan merubah sektor yang akan dikelola, Pemkab Bulungan juga saat ini akan melakukan perombakan direksi. Hal tersebut kata bupati lantaran sejak beberapa tahun terakhir kepungurusan di perusda tersebut masih belum lengkap, salah satunya hingga kini belum adanya ketuanya.

“Kita akan segera membuka seleksi untuk mengisi direksi perusda tersebut untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan ini,” jelasnya.

“Dan diharapkan kedepan dapat menambah PAD Bulungan,” timpalnya.

Saat ini kata dia ketua dari perusda tersebut sedang dalam tahap pencarian, setelah telah ditentukan pejabat posisi ketua, barulah pihaknya mengeluarkan pengumuman seleksi beberapa pejabat direktur pada perusda tersebut.

“Kita doakan bersama agar tidak ada hambatan yang berarti sehingga proses ini juga berjalan cepat,” tutupnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *