Sebanyak 479 Kafilah Ikuti MTQ Ke-44 Tingkat Kabupaten

Sebanyak 479 Kafilah Ikuti MTQ Ke-44 Tingkat Kabupaten

TANJUNG SELOR – Ratusan kafilah ikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-44 tingkat Kabupaten Bulungan yang di selenggarakan di Kecamatan Tanjung Palas Barat, Desa Long Beluah kini siap bertanding dalam beberapa hari kedepan, setelah diresmikannya kegiatan tersebut oleh Bupati Bulungan H.Sudjati, SH, Sabtu malam (24/2). Disampaikan Ketua Umum Panitia MTQ Ke – 44 tingkat Kabupaten Bulungan,

TANJUNG SELOR – Ratusan kafilah ikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-44 tingkat Kabupaten Bulungan yang di selenggarakan di Kecamatan Tanjung Palas Barat, Desa Long Beluah kini siap bertanding dalam beberapa hari kedepan, setelah diresmikannya kegiatan tersebut oleh Bupati Bulungan H.Sudjati, SH, Sabtu malam (24/2).

Disampaikan Ketua Umum Panitia MTQ Ke – 44 tingkat Kabupaten Bulungan, Fidar mengatakan dalam kegiatan tersebut, ada ratusan kafilah yang turut serta yang mana datang dari 10 kecamatan yang ada di Bulungan.

“MTQ ini diikuti sebanyak 479 orang kafilah,” jelasnya.

Adapun kecamatan yang paling banyak mengirimkan kafilahnya yaitu Kecamatan Tanjung Selor yaitu sebanyak 73 orang, kemudian diikuti Tanjung Palas dan Kecamatan Tanjung Palas Timur yaitu masing-masing sebanyak 60 orang.

“Kemudian diikuti Tanjung Palas Utara sebanyak 54 orang, selanjutnya Bunyu dan Tanjung Palas Barat masing-masing 51 orang,” sebutnya.

Tak hanya itu lanjutnya, Kecamatan Sekatak juga mengirimkan, yaitu sebanyak 38 kafilah, Sementara itu Kecamatan Tanjung Palas Tengah sebanyak 34 orang.

“Peso Hilir sebanyak 30 kafilah, dan Peso sebanyak 28 orang,” ungkapnya.

Adapun cabang yang di pertandingkan ada sebanyak 21 cabang putra dan sebanyak 21 cabang putri.

“MTQ ini akan dinilai oleh sebanyak 50 orang dewan hakim, 3 orang diantaranya datang dari Jakarta yang kerap berkecimpung di taraf Nasional atau internasional,” sebutnya.

Sementara itu Bupati Bulungan H.Sudjati, SH menjelaskan, tentunya prestasi juga merupakan tujuan dan makna dari segi kegiatan MTQ. Akan tetapi kata dia yang lebih utama ialah Syiar dan Dakwah.

“Tentang bagaimana menjadikan Al Qur’an sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki dan sebagai kepribadian kita,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan bupati, MTQ Tingkat Kabupaten Bulungan ini juga harusnya mampu membumikan Al Qur’an sehingga lebih dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat Bulungan.

“Saya juga berharap agar Hakikat, Makna, dan Tujuan MTQ kita pegang teguh sehingga Al Qur’an benar-benar kita resapi, Benar-benar kita hayati, Benar-benar kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar melalui Pelaksanaan MTQ Ke 44 Tingkat Kabupaten Bulungan Tahun 2019 tersebut, selain dapat berkembang dari segi Syiar Dan kualitas penyelenggaraannya, juga dapat terus membudaya di tengah masyarakat kita, khususnya umat muslim di kabupaten Bulungan.

“Karena ketika kita Menggaungkan Al Qur’an maka sebenarnya kita sedang mengagungkan Nilai-nilai kemanusiaan, kesalehan sosial, yang mengutamakan pembelaan pada yang lemah, Mengutamakan pembelaan pada yang fakir, Mengutaman pembelaan pada yang miskin,” bebernya.

“Bukan nilai-nilai keserahkahan seperti Mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya,” timpalnya.

Kemudian kata dia, seperti sejuknya hati kita sekalian melafalan Al-Qur’an, kita pun ingin kehidupan berbangsa dan bernegara juga sejuk, damai, dan indah.

“Mari kita jaga kebersamaan kita dalam berbangsa dan bernegara. Mari kita jaga optimisme kita dalam menghadapi tantangan-tantangan yang semakin sulit, terutama tantangan global,” sebutnya.

Untuk itu mari kita jadikan MTQ Ke 44 Tingkat Kabupaten Bulungan Tahun 2019 Ini, Sebagai stimulan untuk meningkatkan penghayatan kecintaan dan pengalaman ajaran islam yang Rahmatan Lil Alamin.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bulungan, pada malam hari ini menyampaikan Selamat Datang dan selamat berjuang Kepada Seluruh Kafilah dari 10 kecamatan Di desa Long Beluah, Kecamatan Tanjung Palas Barat,” pungkasnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *