Bupati Minta Perangkat Desa Pahami Wilayahnya

Bupati Minta Perangkat Desa Pahami Wilayahnya

TANJUNG SELOR – Perangkat desa diharapkan dapat memahami kondisi wilayahnya. Dengan begitu, desa akan menjadi maju, apalagi dengan adanya Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat untuk pengembangan wilayahnya. Dikatakan Bupati Bulungan H. Sudjati, SH pentingnya memahami suatu wilayah, dalam hal ini adalah desa tentu akan mempermudah perangkat desa dalam hal pembangunan sebagaimana yang diharapkan.

TANJUNG SELOR – Perangkat desa diharapkan dapat memahami kondisi wilayahnya. Dengan begitu, desa akan menjadi maju, apalagi dengan adanya Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat untuk pengembangan wilayahnya.

Dikatakan Bupati Bulungan H. Sudjati, SH pentingnya memahami suatu wilayah, dalam hal ini adalah desa tentu akan mempermudah perangkat desa dalam hal pembangunan sebagaimana yang diharapkan.

Ia katakan perangkat atau aparatur desa, baik Kades, Sekdes maupun Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus bisa memahami kondisi wilayahnya. Desa harus punya data yang jelas dan valid, mulai dari data berapa warga miskin di desa, data potensi desa serta data-data lainnya.

“Dengan data tersebut, Kades dan aparatur desa lainnya akan mudah dalam menjalankan roda pemerintahan serta membina masyarakatnya,” jelasnya saat  melantik dan mengambil sumpah Kepala Desa (Kades) Antar Waktu Desa Jelarai Selor periode 2019 – 2020 pada Senin (25/2).

Dalam kesempatan yang sama pula bupati juga menegaskan agar kepala desa dapat membenahi sumber daya aparatur yang ada diwilayah kerjanya. Kades serta jajarannya juga diharapkan mencari sumber pendapatan desa.

“Selain itu penerapan manajemen yang baik juga perlu dilakukan,” terangnya.

Ditambahkannya, kepala desa juga harus dibantu segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama menggali potensi dan membangun desanya, dengan cara tersebut pula diyakininya dapat mengurai segala permasalahan yang ada di sebuah desa.

“Didalam desa antara pemerintah desa dan masyarakatnya harus lah bersinergi dalam pencapaian tujuan bersama,” sebutnya.

Selain itu kata bupati, koordinasi antar desa juga perlu dioptimalkan, sebagaimana yang disampaikan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, agar jangan sampai desa yang berdekatan, perencanaan infrastrukturnya sama.

“Jadi, sesama kepala desa tetangga itu juga harus ada komunikasi,” ujarnya.

Terlepas dari itu, berkaitan dengan pelantikan kades tersebut, ia berpesan agar kades yang telah dilantik selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sabaik-baiknya, menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat Desa Jelarai Selor.

“Untuk kepala desa lama, Rum Encau S.Sos, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian serta jasa saudara dalam melaksanakan tugas dan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *