Wabup Ingkatkan Wisudawan Untuk Terus Belajar

Wabup Ingkatkan Wisudawan Untuk Terus Belajar

TANJUNG SELOR – Setelah melalui pembelajaran yang panjang, ratusan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Kalimantan Utara (Unikaltar) angkatan Ke-VI menjalani prosesi wisuda tahun Akademik 2018/2019 pada Rabu (27/2). Turut menghadiri prosesi tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Bulungan Ingkong Ala, SE, M.Si mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati beserta keluarga, atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan strata satu dan

TANJUNG SELOR – Setelah melalui pembelajaran yang panjang, ratusan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Kalimantan Utara (Unikaltar) angkatan Ke-VI menjalani prosesi wisuda tahun Akademik 2018/2019 pada Rabu (27/2).

Turut menghadiri prosesi tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Bulungan Ingkong Ala, SE, M.Si mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati beserta keluarga, atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan strata satu dan meraih gelar sarjana.

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Bulungan, menyampaikan rasa syukur dan bahagia, karena pada hari ini telah lahir para sarjana baru di wilayah Kaltara, khususnya di Bulungan,” jelasnya.

Wabup menjelaskan bahwa saat ini kita telah memasuki revolusi industri keempat, atau 4.0 yang telah dimulai sejak tahun 2011, yang ditandai  dengan meningkatnya konektivitas, interaksi, dan batas antara manusia, mesin, serta sumber daya lainnya yang semakin terpusat melalui teknologi informasi dan komunikasi.

“Negara di Asia telah menyiapkan diri di era industri 4.0, seperti India dengan Made In India, dan Thailand dengan Thailand 4.0. Untuk itu, kita di Indonesia tidak boleh ketinggalan, dengan terus mengembangkan sumber daya manusia, teknologi dan inovasi kita,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan wabup, Indonesia memiliki pasar dalam negeri yang kuat serta punya banyak telenta dari sejumlah universitas yang ada di tanah air, Kaltara dimana Bulungan termasuk didalamnya juga memiliki potensi dalam menerapkan revolusi industri generasi keempat.

“Dimana negara kita Indonesia telah menjadi basis produksi sektor manufaktur, dari perusahaan-perusahaan global untuk memenuhi pasar domestik dan ekspor,” bebernya.

Disebutkannya setidaknya ada 84 sektor industri yang telah dipetakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia sejak tahun 2018 lalu. Kemudian diambil 5 sektor yang terlebih dahulu didorong untuk menerapkan revolusi industri 4.0.

“Kelima sektor itu adalah makanan dan minuman, kimia, tekstil, otomotif dan elektronik. Dengan pertimbangan transformasi teknologinya lebih mudah dibanding sektor lain, serta memberikan dampak ekonomi yang signifikan,” terangnya.

Untuk itu ia berharap agar alumni tersebut dapat terus belajar dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) serta kompetensi, dapat menjadi pelopor dan penggerak di berbagai sektor pembangunan sesuai dengan minat, bakat dan profesi masing-masing.

“Peran dan kontribusi para sarjana Unikal akan senantiasa ditunggu, untuk terus maju dan kreatif dalam menghadapi revolusi industri 4.0, serta mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama duduk di perguruan tinggi,” imbuhnya.

Untuk itu ia juga mengimbau agar semuanya dapat menghasilkan kerja dan karya terbaiknya dimana akan dipersembahkan untuk kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara yang dicintai. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *