Distan Akan Lakukan Optimalisasi Pengairan Sawah di Desa Sajau Hilir

Distan Akan Lakukan Optimalisasi Pengairan Sawah di Desa Sajau Hilir

TANJUNG SELOR – Dinas Pertanian (Distan) Bulungan tahun ini akan memperbaiki fasilitas pendukung pengembangan pertanian di Desa Sajau Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Timur, salah satunya adalah perbaikan saluran air pada sawah yang ada dilokasi tersebut. Hal ini disampaikan Distan Bulungan setelah adanya keluhan yang disampaikan oleh para petani di desa tersebut. Seperti yang disampaikan oleh

TANJUNG SELOR – Dinas Pertanian (Distan) Bulungan tahun ini akan memperbaiki fasilitas pendukung pengembangan pertanian di Desa Sajau Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Timur, salah satunya adalah perbaikan saluran air pada sawah yang ada dilokasi tersebut.

Hal ini disampaikan Distan Bulungan setelah adanya keluhan yang disampaikan oleh para petani di desa tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Umar, salah seorang petani yang sempat melontarkan pertanyaan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Bulungan belum lama ini.

Ia mengeluhkan fasilitas pendukung pengembangan pertanian di wilayah itu, seperti halnya infrastruktur jalan, hingga pengairan untuk pengelolaan lahan pertanian di wilayah tersebut dinilai masih belum memadahi.

Dikatakan Umar, saat ini untuk pengairan lahan atau sawah masih ada yang belum teraliri, terlebih sawah tersebut memiliki posisi yang tinggi dari yang telah teraliri, sehingga kata dia juga memerlukan mesin pompa.

“Oleh karena itu sekiranya kami juga membutuhkan pompa,” ucapnya sembari mengatakan lantaran lokasi sawah dekat dengan sungai, untuk lebih mengoptimalkannya juga perlu adanya pipanisasi ataupun yang lainnya.

Selain masalah pengairan kata Umar, pihaknya juga membutuhkan pembangunan jalan usaha tani, apa yang sudah ada kata dia masih belum memadai, lantaran luasan sawah yang ada juga cukup besar.

“Kalau ada jalan usahatani, tentu dapat menunjuang kegiatan, pengangkutan padi-padi ketika panen misalnya,” sebutnya.

Tak hanya masalah jalan usaha tani, juga jalan umum yang sangat perlu dilakukan pengaspalan, sebab ketika musim hujan maka jalan-jalan tersebut sangat sulit dilalui lantaran berlumpur.

“Utamanya jalan yang ada di seberang, Sebab saat hujan, padi kami sampai hampir busuk karena saat mau dibawa ke mesin pengering, tidak bisa lewat,” ucapnya.

“Kami berharap masalah yang ada dapat diperhatikan. Di sana sudah ada 100 KK dan itu jalan desa,” tambah Ketua Kelompok Tani Sajau Hilir, Irwansyah.

Menanggapi hal itu, Bupati Bulungan Sudjati, mengatakan para petani yang nantinya bisa melalui desa juga menyampaikan usulan pembangunan jalan salah satunya. Termasuk melalui dinas teknis nantinya akan menindaklanjutinya.

“Saat ini kita tampung dulu usulan yang ada tersebut, tapi nanti bisa diusulkan, baik kepada desa maupun langsung kepada dinas terkait untuk ditindaklanjuti,” sebutnya.

Ditambahkan Kepala Distan Bulungan A.Yani, untuk sejumlah hal yang diharapkan para petani, dirinya meminta segera sampaikan usulannya dengan membuat proposal, dan pihaknya akan menindaklanjuti. Meskipun dalam hal itu dirinya menegaskan untuk bisa terakomodir masih harus menunggu pada tahun 2020 mendatang.

“Silakan ajukan buatkan proposalnya nanti kita tindak lanjuti, paling cepat tahun depan baru bisa. Tapi kita usahakan, untuk jalan di seberang mungkin ada sekitar 1 kilometer untuk jalan porosnya,” ungkap Yani.

Menurutnya, ada beberapa prioritas pembangunan pertanian tahun 2019 ini, salah satunya pihaknya akan fokus pada perbaikan saluran air. “Jadi kita perbaikan saluran airnya dulu. Ada 2 unit pompa air, 3 unit hand tracktor, dan rehab jaringan irigasi sekitar 135 hektare. Nah untuk jalan usaha tani kami tunggu usulannya,” pungkasnya dia. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *