Lakukan Presentasi, Nilai Investasi Capai 90 Juta USD

Lakukan Presentasi, Nilai Investasi Capai 90 Juta USD

TANJUNG SELOR – Investor yang berminat membuat sampah di Bulungan, Khususnya Tanjung Selor menjadi daya listrik akhirnya melakukan presentasi kepada pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan sebagai wujud keseriusan terhadap masalah tersebut, kegiatan juga dihadiri langsung oleh Bupati Bulungan H.Sudjati, SH serta jajaran di ruang rapatnya, Rabu (6/3). Presentasi dilakukan oleh PT.Patra Global Energi, dimana dipimpin

TANJUNG SELOR – Investor yang berminat membuat sampah di Bulungan, Khususnya Tanjung Selor menjadi daya listrik akhirnya melakukan presentasi kepada pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan sebagai wujud keseriusan terhadap masalah tersebut, kegiatan juga dihadiri langsung oleh Bupati Bulungan H.Sudjati, SH serta jajaran di ruang rapatnya, Rabu (6/3).

Presentasi dilakukan oleh PT.Patra Global Energi, dimana dipimpin langsung oleh President Director, Endra Wendras yang juga didampingi oleh beberapa jajarannya. Dalam presentasi, diskusi dengan Pemkab Bulungan pun turut dilakukan, yang pada intinya diskusi berjalan baik. Pemkab Bulungan pun setuju terhadap rencana investasi tersebut.

Dijelaskan Endra, tindak lanjut yang akan diambil pasca pertemuan antara investor dengan pihak Pemkab Bulungan ialah, pihaknya terlebih dahulu akan berdiskusi secara internal.

“Tadi pembahasan yang sempat menjadi konsen itu ialah masalah lokasi, itu nanti juga akan saya lihat sendiri, sebelumnya sudah dicek sama jajaran saya,” jelasnya,

Setelah itu, pihaknya berharap agar bisa dilakukan minimal MoU antara pihaknya dengan Pemkab Bulungan sebagai tanda keseriusan antara kedua belah pihak, setelahnya barulah dilakukan Pra Feasability Study (FS) atau proses pertama dari uji kelayakan.

“Setelah dilakukan pra FS, kemudian lokasinya pastinya juga dimana, nanti akan kami presentasikan lagi semuanya untuk meminta masukan dari pihak Pemkab Bulungan,” jelasnya.

Setelah itu, kemudian Pra FS itu akan disubmit ke pihak PLN serta ke Kementerian ESDM, dilaporkan bahwa di Bulungan akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS).

“Setelah itu harapannya, sudah bisa dilakukan perjanjian kerjasama dengan pihak Pemkab Bulungan, serta Pemkab menunjukkan surat penunjukan lokasi untuk PLTS ini,” terangnya.

Jika tak ada kendala, maka pekerjaan bisa mulai dilakukan, seperti misalnya membuat kantor di Bulungan, kemudian penunjukkan konsultan UKL/UPL, Konsultan FS juga sudah bisa masuk ke Bulungan, pun demikian Konsultan Perencanaan.

“Target atau jadwal kami itu, pada saat nanti sudah penandatangan PKS (Perjanjian Kerja Sama) dan SPL (Surat Penyerahan Lapangan) itu maksimal dua bulan proses kami untuk menyelesaikan FS,”  terangnya.

Kemudian ia katakan jangka waktu dari FS ke PPA (Power Purchase Agreement) katakan lah satu bulan, selesai barulah masuk ke kontruksi. Kontruksi tersebutlah yang memakan waktu yang lama kurang lebih 8 hingga 10 bulan.

“Kalo lancar, tahun 2020 sudah bisa dimanfaatkan. Intinya setelah PKS barulah kami juga bisa mengitung jangka waktunya,” tuturnya.

Disinggung mengenai nilai investasi PLTS yang nantinya mengunakan metode plasma tersebut, ia katakan ditafsir mencapai 90 Juta USD, dimana dengan melihat potensi sampah yang mencapai 240 ton perhari rencananya akan dibangun dengan kapasitas 25 Megawatt (MW).

“Tapi nanti jika hasil diskusi dengan pihak PLN mengenai pertumbuhan listrik atau kebutuhan listrik di Bulungan lebih dari itu, 30 MW misalnya juga bisa dilakukan.  Makanya nanti kami juga akan lakukan pertemuan dengan PLN, setelah pra FS,” bebernya.

Sementara itu Bupati Bulungan H.Sudjati, SH mengatakan berdasarkan presentasi yang telah disampaikan, pihaknya juga tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh pihak investor tersebut, terlebih Bulungan juga masih membutuhkan tenaga listrik, dengan adanya PLTS tersebut dinilai dapat memberikan dukungan yang optimal.

“Segera mungkin ditindaklanjuti, dalam waktu dua bulan ini sudah bisa selesai administarasinya. Kita intinya tertarik dan setuju. Lokasinya nanti akan mengambil di Lokasi TPA KM 9, sudah ditinjau,” pungkasnya.

Untuk diketahui dalam kegiatan tersebut, juga turut dihadiri Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Achmad Ideham, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Hamdani, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulungan Syarwani, Kepala Bappeda dan Litbang Bulungan M.Isnaini serta beberapa pemangku kepentingan terkait lainnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *