Pramuwisata Bulungan Diharapkan Tingkatkan Sektor Wisata

Pramuwisata Bulungan Diharapkan Tingkatkan Sektor Wisata

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan berharap pramuwisata yang ada di Bulungan dapat lebih berperan untuk meningkatkan sektor pariwisata yang ada di Bumi Tenguyun, sebagaimana yang disampaikan saat Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPC HPI) Bulungan periode 2019 – 2023 pada Rabu lalu (6/3). Bupati Bulungan H.Sudjati, SH melalui Staf Ahli

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan berharap pramuwisata yang ada di Bulungan dapat lebih berperan untuk meningkatkan sektor pariwisata yang ada di Bumi Tenguyun, sebagaimana yang disampaikan saat Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPC HPI) Bulungan periode 2019 – 2023 pada Rabu lalu (6/3).

Bupati Bulungan H.Sudjati, SH melalui Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Drs. H Agus Nurdiansyah menyampaikan bahwa Pengembangan sektor pariwisata, tidak semata-mata kawasan wisata menarik, namun sarana dan prasarana yang lengkap, atau budaya unik juga perlu diutamakan.

“Oleh karenanya keberadaan Pramuwisata juga berperan penting dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan yang berkunjung,” ucapnya saat  berada di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan.

Ia menjelaskan bahwa, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bulungan tahun 2018, tercatat Bahwa rata-rata lama wisatawan menginap baik tamu domestik maupun tamu asing yaiut 1,8 hari.

Sementara pada usaha penyediaan akomodasi hotel atau usaha yang menyediakan pelayanan penginapan yang dapat dilengkapi dengan pelayanan pariwisata lainnya sebanyak 43 buah, dan jumlah objek wisata sebanyak 31 lokasi.

“Kemudian untuk jumlah wisatawan yang terdata oleh BPS terakhir tahun 2016, yaitu untuk wisatawan mancanegara sebanyak 69 orang, dan wisatawan Nusantara sebanyak 27.895 orang yang berkunjung Bulungan,” terangnya.

Melihat angka yang ada tersebut, ia katakan Pemkab Bulungan sangat berharap agar keberadaan DPC HPI Bulungan dapat terus berperan untuk meningkatkan sektor wisata yang ada.

“Kami dari pemerintah daerah berharap, keberadaan DPC HPI Kabupaten Bulungan dapat terus berperan meningkatkan sektor pariwisata,” tuturnya.

Karena dengan meningkatnya jumlah wisatawan ke Bulungan, kata dia tentunya akan berdampak pada meningkatnya pendapatan di bidang hotel atau akomodasi, rumah makan, toko cinderamata dan sebagainya.

“Perlu diingatkan pula bahwa pramuwisata memiliki tugas yang penting antara lain mengatur perjalanan wisatawan ke lokasi tujuan, memberikan penjelasan tentang perjalanan dan objek wisata, membantu mengurus dokumen perjalanan dan barang bawaan wisatawan, memberi pertolongan kepada wisatawan dan sebagainya,” jelasnya.

Kemudian ia berharap agar Pramuwisata juga harus terus tetap mengembangkan kapasitasnya baik dalam kemampuan berbahasa, peningkatan wawasan maupun penampilan dirinya antara lain dengan menonjolkan pakaian khas daerah Bulungan.

Dalam hal ini Ketua DPD HPI Provinsi Kalimantan Utara, Ivan Kamsil juga secara resmi melantik Jerry Agustinus, S.Pd sebagai Ketua DPC HPI Kabupaten Bulungan. Ivan dalam sambutannya menjelaskan, HPI merupakan organisasi pemanduan profesi Tourist Guide atau Pemandu Wisata yang pertama kali dibentuk di Bali pada 1988 dengan nama Himpunan Duta Wisata Indonesia (HDI).

“Seiring waktu berubah menjadi HPI dan sudah berjalan lebih kurang 31 tahun,” urainya.

Kemudian ia katakan DPD HPI Kaltara pertama dibentuk pada tahun 2016 lalu, kemudian menyusuk DPC HPI Kota Tarakan yang dibentuk pada tahun 2018, setelahnya barulah DPC HPI Kabupaten Bulungan pada 2019.

“Diharapkan, keberadaan DPC HPI Bulungan dapat didukung Pemkab Bulungan khususnya oleh Dinas Pariwisata serta para stakeholder atau pemangku kepentingan seperti akomodasi hotel, rumah makan atau restoran maupun para agen travel,” jelasnya.

Disebutkannya, HPI Kaltara maupun Bulungan akan mempromosikan tujuan wisata seperti Arum Jeram di Desa Long Beluah, Pantai Kelapa di Desa Mangkupadi serta Desa Wisata di Desa Sajau. Ketiga tujuan atau destinasi wisata tersebut sudah cukup untuk kita promosikan kepada wisatawan yang masuk ke Kabupaten Bulungan,” pungkasnya. (MC Bulungan/hms/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *