Tahun Politik, Pol PP dan Linmas Diminta Tingkatkan Kesiapsiagaan

Tahun Politik, Pol PP dan Linmas Diminta Tingkatkan Kesiapsiagaan

TANJUNG SELOR – Tahun 2019 ini merupakan tahun dimana nuansa politik kental terasa, bagaimana tidak pada 17 April mendatang masyarakat akan dihadapkan dengan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu), baik itu Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legisltif (Pileg). Untuk itu anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Hal tersebut ditegaskan Bupati Bulungan

TANJUNG SELOR – Tahun 2019 ini merupakan tahun dimana nuansa politik kental terasa, bagaimana tidak pada 17 April mendatang masyarakat akan dihadapkan dengan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu), baik itu Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legisltif (Pileg). Untuk itu anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Bulungan H.Sudjati, SH dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan Apel Pembukaan Perlombaan dalam rangka HUT Satpol PP Ke-69, Linmas Ke-57 dan Damkar Ke-100 yang dibacakan oleh Kasat Pol PP Bulungan Marulie SH, M.Si, Sabtu (9/3).

Disebutkan Marulie, bupati berpesan kepada anggota Satpol PP dan Sat Linmas, keduanya menjadi penting di tahun politik seperti tahun ini karena harus ikut mengawal dua agenda nasional tersebut.

“Sehingganya Kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan. Tidak terkecuali pula kepada Pemadam Kebakaran dalam menjaga keamanan lingkungan masyarakat,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan, untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi di masa mendatang, Satpol PP dan Sat Linmas serta Damkar harus dapat menyiapkan diri sejak dini sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Segala kemungkinan yang dapat terjadi harus dapat diantisipasi,” jelasnya.

Keterlibatan Satpol PP, lanjutnya yaitu memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. Karena itu, Satpol PP harus lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaannya.

“Sesuai aturan Satpol PP mempunyai tugas pokok antara lain, membantu menjaga ketenteraman penyelenggaraan pemilu, baik sebelum atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan,” bebernya.

Tugas pokok lainnya, kata dia, ikut membantu dalam konteks tugas sosial. Tentu, di tahun politik ini, dinamika politik akan meningkat. Potensi gangguan keamanan juga akan ikut menguat. Sehingga dimeminta, agar sejak dini Satpol PP dan Sat Linmas  lebih meningkatkan upaya deteksi dininya.

“Sehingga  potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi. Dengan begitu, masyarakat akan merasa terlindungi,” bebernya.

Selain itu kata dia, bupati juga berpesan agar para personel Satpol PP dan Linmas selalu berpedoman pada aturan yang ada. Yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2011, tentang Standar Operasional Prosedur Satpol PP serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Menangani Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu.

“Sekira kedua Permendagri tersebut dipedomani dengan baik,” pungkasnya. (MC Bulungan/hms/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *