Dinkes Bulungan Akan Bangun Gudang Vaksin

Dinkes Bulungan Akan Bangun Gudang Vaksin

TANJUNG SELOR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan kembali berencana untuk membangun sebuah fasilitas penyimpanan untuk menunjang kebutuhan obat-obatan, setelah tahun sebelumnya membangun gudang farmasi, gudang vaksin juga akan dibangun tahun ini dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Kepala Dinkes Bulungan Idewan Budi Santoso menjelaskan bahwa memang rencana pembangunan tersebut telah direncanakan dimana saat ini masih

TANJUNG SELOR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan kembali berencana untuk membangun sebuah fasilitas penyimpanan untuk menunjang kebutuhan obat-obatan, setelah tahun sebelumnya membangun gudang farmasi, gudang vaksin juga akan dibangun tahun ini dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kepala Dinkes Bulungan Idewan Budi Santoso menjelaskan bahwa memang rencana pembangunan tersebut telah direncanakan dimana saat ini masih dalam proses lelang. Pembangunannya menggunakan anggaran DAK sebesar Rp 2,5 miliar.

“Pembangunannya di tahun ini,” jelasnya belum lama ini.

Lebih jauh dikatakan pria yang akrab disapa Budi ini, gudang tersebut nantinya akan berfungsi sebagai buffer stock yang artinya, gudang ini mampu menampung persediaan vaksin yang dibutuhkan di Bulungan.

“Itu juga penting mengingat sejauh ini Bulungan belum memiliki gudang khusus untuk vaksin tersebut,” jelasnya.

Ia menjelaskan, selain untuk pembangunan fisik gudang tersebut, dengan dana yang ada itu juga akan diperuntukkan pengadaan peralatan yang dibutuhkan pada gudang tersebut.

“Jadi sudah satu paket itu,” ucap Budi.

Dengan anggaran yang ada tersebut Budi juga menjelaskan bahwa bangunan yang akan didirikan nantinya tidak jauh lebih besar dari gudang farmasi yang sebelumnya juga dibangun oleh pihaknya dengan menggunakan DAK.

“Kecil saja jika dibandingkan dengan gudang farmasi yang pada tahun 2017 lalu kita bangun,” jelasnya.

Namun yang jelas kata dia, gedung vaksin nantinya mampu untuk menampung sejumlah vaksin, dalam upaya pencegahan sejumlah penyakit.  Baik vaksin maupun atau obat-obat untuk vaksin seperti TB, campak dan lainnya tempat yang ada nantinya dirasa bakal cukup.

“Artinya kedepan kita harapkan sejumlah obat untuk digunakan sebagai vaksin bisa terpenuhi secara terus menerus. Apalagi dengan adanya tempat penyimpanan itu. Sehingga  akan mempermudah ketersediaan vaksin di daerah kita,” bebernya.

“Sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan bisa segera diambil disana,” timpalnya.

Budi juga mengatakan, jika gedung vaksin itu dapat terealisasi maka itu merupakan kali perdana Bulungan memiliki gudang vaksin, karena sebelumnya belum pernah ada, sehingganya ia berharap pembangunannya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Kami juga berupaya agar satu per satu fasilitas kesehatan dapat terpenuhi, seperti halnya rencana pembangunan gudang vaksin ini, jelasnya.

Budi juga menjelaskan bahwa, selain membangun gudang vaksin, pihaknya juga akan melakukan rehab gedung kelas III di rumah sakit dr.H.Soemarno Sosroatmodjo serta perbaikan dan rehab Puskesmas di tahun ini.

“Kami berharap dan mari doakan agar pembangunan dan agenda yang direncanakan dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan,” tutupnya. (MC Bulunga/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *