Ruang Kelas III di RSD Bulungan Akhirnya Ditambah

Ruang Kelas III di RSD Bulungan Akhirnya Ditambah

TANJUNG SELOR – Rencana pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk menambah ruang kelas III rawat inap bertingkat dua di Rumah Sakit Daerah (RSD) dr.Soemarno Sostroatmodjo ditahun ini akhirnya direalisasi. Realisasi tersebut diketahui setelah dilaksanakannya Ground Breaking atau peletakan batu pertama oleh Bupati Bulungan H.Sudjati, SH berserta jajaran terkait pembangunan tersebut di

TANJUNG SELOR – Rencana pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk menambah ruang kelas III rawat inap bertingkat dua di Rumah Sakit Daerah (RSD) dr.Soemarno Sostroatmodjo ditahun ini akhirnya direalisasi.

Realisasi tersebut diketahui setelah dilaksanakannya Ground Breaking atau peletakan batu pertama oleh Bupati Bulungan H.Sudjati, SH berserta jajaran terkait pembangunan tersebut di pada, Rabu (20/3).

Dikatakan Direktur BLUD RSD dr.Soemarno Sostroatmodjo, Surya Tan, realisasi tersebut merupakan perjuangan semua pihak yang terkait, untuk itu ia turut menyampaikan terima kasih kepada semua yang terlibat.

“Yang telah turut membantu dalam terwujudnya pembangunan kelas III rawat inap tersebut, utamanya kepada Pemkab Bulungan yang telah memberikan dukungan penuh, hingga telaksananya pembangunan ini,” jelasnya.

Dijelaskannya bahwa pembangunan kelas III tersebut merupakan salah satu dari 6 perencanaan yang telah dilakukan oleh pihaknya, yaitu pembangunan IGD Central, Pembangunan Laundry, Instalasi Pemeliharaan Rumah Sakit, Poli Rawat Inap dan Ruang Bank Darah.

“Baru satu perencanaan yang telah dilaksanakan di tahun  ini yang bisa 2019 ini, yaitu pembangunan ruang kelas III ini,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pembangunan tersebut dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN sebesar Rp 16 miliar, terdiri Rp 12 miliar untuk fisik, sisanya untuk pemenuhan Alkes. Adapun pembangunannya dilaksanakan oleh kontraktor dari PT Tri Ninda Karya Utama.

“Dimana  waktu pelaksanaannya yaitu selama 300 hari kalender, terhitung sejak tanggal 4 Maret 2019,” jelasnya.

Ia mengakui memang acara Ground Breaking tersebut sedikit terlambat dilaksanakan karena suatu hal, namun sekiranya itu bukanlah hal yang dapat mengurangi makna dan spirit dari pembangunan tersebut.

“Progres pembangunan, hingga hari ini sudah masuk 16 hari kalender, dengan pencapaian realisasi yang cukup signifikan, yaitu 17,27 persen,” jelasnya.

Pihaknya juga mengapresiasi terhadap pihak kontraktor dengan realisasi yang ada, ia berharap semoga pembangunan bisa berjalan dengan baik serta bisa tepat waktu.

“Jika perlu lebih cepat lagi dari waktu yang telah ditentukan, sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu Bupati Bulungan H.Sudjati, SH mengatakan bahwa ia atas nama pribadi dan Pemkab Bulungan mengucapkan terima kasih kepada Dinkes dan jajarannya yang telah mengusahakan adanya DAK untuk pendirian ruang kelas III di RSD tersebut.

“Ini memang memerlukan proses yang panjang, saya juga mengerti dan akhirnya keluar lah DAK itu, sehingga bisa dilakukan pembangunan,” terangnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada ULP yang melaksanakan dengan baik terhadap proses pelelangan yang ada di Bulunga, utamanya untuk pembangunan tersebut.

“Kami mohon TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah) juga mengawal pembangunan ini, sehingga kami harapkan pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang semestinya,” jelasnya.

Sama halnya dengan pihak manajemen RSD, ia juga mengharapkan agar pembangunan tersebut bisa selesai kurang dari 300 hari. Sehingga bisa cepat pula dimanfaatkan. Ia sebutkan dengan adanya ruang kelas III tersebut tentunya juga menambah pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik lagi.

“Terutama bagi mereka yang akan menginap di kelas III, karena kita ketahui bersama bahwa kelas III yang ada saat ini sudah tidak representatif lagi sehingga diperlukan penambahan untuk keluarga yang kurang mampu,” bebernya.

Bupati pun berharap dengan adanya Ruang Kelas III yang akan bertingkat dua tersebut, sekiranya semua pihak dapat turut serta dalam menjaga dan merawatnya, sebab kata dia itu merupakan fasilitas bersama. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *