Tumbuhkan Minat, Dinas Arsip dan Perpustakaan Gelar Lomba

Tumbuhkan Minat, Dinas Arsip dan Perpustakaan Gelar Lomba

TANJUNG SELOR – Untuk menumbuhkan minat baca pada anak sejak usia dini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan mengelar lomba mewarnai tingkat TK/RA, lomba bercerita tingkat SD/MIN dan lomba pidato tingkat SLTP/MTS, Rabu (20/3). Hadir mewakili Bupati Bulungan H.Sudjati, SH yaitu Staf Ahli Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan, Drs.Agus Nurdiansyah, sekaligus membuka

TANJUNG SELOR – Untuk menumbuhkan minat baca pada anak sejak usia dini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan mengelar lomba mewarnai tingkat TK/RA, lomba bercerita tingkat SD/MIN dan lomba pidato tingkat SLTP/MTS, Rabu (20/3).

Hadir mewakili Bupati Bulungan H.Sudjati, SH yaitu Staf Ahli Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan, Drs.Agus Nurdiansyah, sekaligus membuka acara yang akan digelar selama dua hari tersebut. Adapun peserta yang mengikuti yaiut sebanyak 129 anak, terdiri dari lomba mewarnai berjumlah 90 orang, lomba bercerita 18 orang dan lomba berpidato 21 orang.

Agus menyebutkan, ia atas nama Pemkab Bulungan, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Arsip dan Perpustakaan Bulungan atas dilaksanakannya kegiatan tersebut, sebagai  upaya meningkatkan kemampuan anak didik dalam bidang seni melalui lomba mewarnai serta bidang sastra melalui lomba bercerita dan berpidato.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini, sedikit banyaknya dapat berperan mencetak sumber daya pemuda yang berkualitas serta menjadi generasi emas indonesia, khususnya di Kabupaten Bulungan,” jelasnya.

Ia menyebutkan saat ini kita sedang berada pada dunia yang hampir tanpa tata batas akibat dari demikian majunya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Penguasaan bahasa serta kreatifitas pun menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan pada era perdagangan bebas sekarang ini.

“Oleh sebab itu, adanya lomba mewarnai bagi anak-anak tingkat TK dan RA di Bulungan ini, merupakan salah satu wadah untuk menumbuhkan jiwa kreatifitas kepada anak-anak kita sejak usia dini,” ujarnya.

Begitu pula melalui lomba bercerita tingkat SD dan MIN, serta lomba pidato tingkat SLTA dan MTs merupakan keterampilan yang penting dan menjadi nilai tambah bagi para anak didik karena keterampilan tersebut tidak semua dimiliki anak-anak.

“Dengan demikian, hasil dari perlombaan ini sebenarnya bukan yang terpenting, karena yang paling utama adalah bagaimana para anak didik kita menjalani proses perlombaan, yaitu proses mewarnai, proses bercerita serta proses berpidato yang akan meningkatkan keterampilan anak didik kita,” sebutnya.

Ia lanjutkan, dengan mengikuti lomba tersebut, anak didik kita harus memperkaya bacaan, ilmu dan pemahaman agar semakin mumpuni dalam keterampilan mewarnai, bercerita maupun berpidato.

“Melalui kegiatan ini pula hendaknya dapat meningkatkan minat dan budaya baca pada masyarakat di Kabupaten Bulungan, khususnya kepada generasi muda,” terangnya.

Dengan demikian pada akhirnya, akan melahirkan generasi muda Bulungan yang kaya ilmu, talenta, budaya dan informasi, sehingga tujuan perpustakaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa akan tercapai.

“Tidak lupa ucapan terima kasih kami sampaikan pula kepada sekolah-sekolah yang telah mengirimkan anak didiknya untuk mengikuti kegiatan ini,” ucapnya mengakhiri. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *