PN dan PA Tanjung Selor Bangun ZI

PN dan PA Tanjung Selor Bangun ZI

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan apresiasi atas pembangunan Zona Integrasi (ZI) dalam rangka Mewujudkan Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Pengadilan Negeri (PN) dan Pengadilan Agama (PA) Tanjung Selor. Hal tersebut langsung disampaikan Bupati Bulungan H.Sudjati, yang menghadiri acara pencanangan ZI pada dua lembaga tersebut di

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan apresiasi atas pembangunan Zona Integrasi (ZI) dalam rangka Mewujudkan Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Pengadilan Negeri (PN) dan Pengadilan Agama (PA) Tanjung Selor.

Hal tersebut langsung disampaikan Bupati Bulungan H.Sudjati, yang menghadiri acara pencanangan ZI pada dua lembaga tersebut di Ruang Serbaguna Lantai I Kantor Bupati Bulungan pada, Jumat (29/3).

Disebutkan bupati, dirinya atas nama Pemkab Bulungan, menyambut kegiatan ini dengan sangat positif, sebagai bagian dari kesungguhan kedua lembanga tersebut dalam mengukuhkan diri sebagai lembaga yang mempunyai komitmen untuk mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

“Disertai upaya untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi serta reformasi birokrasi yang akuntabel di seluruh unit kerja  pada PN dan PA Tanjung Selor,” sebutnya.

Lebih jauh bupati katakan, sebagaimana diketahui bersama, dilakukannya pemberantasan KKN merupakan upaya meningkatkan kinerja, tidak hanya demi mewujudkan reformasi birokrasi akan tetapi sudah menjadi keharusan yang utamanya adalah untukm emenuhi harapan dan aspirasi masyarakat di dalam penegakan supremasi hukum.

“Penerapan ZI wilayah bebas korupsi ini adalah salah satu formulasi yang tepat untuk dapat mengembalikan dan meningkatkan wibawa serta citra pengadilan,” jelasnya.

Sehingga diharapkan pula terdapat perbaikan nyata di masa yang akan datang sebagai sebuah landasan yang kokoh. Dengan integritas yang kokoh tersebut pula terwujudnya penegakan hukum yang berkeadilan dan berhati nurani.

“Apa yang diharapkan masyarakat dapat terealisasi,” bebernya.

PN dan PA Tanjung Selor tentunya ingin segera mewujudkan ZI sebagai predikat yang diberikan kepada lembaga yang berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani  masyarakat.

“Oleh sebab itu, hendaknya seluruh aparatur pengadilan menjadi terpacu untuk terus meningkatkan kinerja dan kompetensinya, sehingga seluruhnya terbebas dari praktek perbuatan tercela yang mencederai amanah rakyat,” terangnya.

Dilanjutkannya, selain penandatanganan ZI, tentunya ada implementasi lain yang harus dipenuhi, seperti menyampaikan laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN), akuntabilitas kinerja, laporan keuangan,  program pengendalian gratifikasi, kebijakan penanganan konflik kepentingan, hingga pelaporan transaksi keuangan yang tidak wajar oleh PPATK.

“Di samping itu, ada pula 6 unsur indikator penunjang yaitu promosi jabatan secara terbuka, rekruitmen secara terbuka, mekanisme pengaduan masyarakat, e-procurement, pengukuran kinerja individu dan keterbukaan informasi publik di mana itu semua menjadi output dari birokrasi yang efektif, efisien, bersih dan  bersifat melayani,” ucapnya.

Terlepas dari itu, ia  juga mengucapkan selamat dan semoga PN dan PA tanjung Selor dapat menjadi contoh yang baik bagi lembaga serta perangkat daerah lainnya di Kabupaten Bulungan.

“Sehingga langkah ini dapat diikuti,” pungkasnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *