Puluhan Calon Jemaah Haji Belum Lunasi BPIH

Puluhan Calon Jemaah Haji Belum Lunasi BPIH

TANJUNG SELOR – Batas Waktu Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler tahap pertama telah berakhir, ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) telah melunasi, namun masih banyak pula yang belum melunasi, untuk itu Pelunasan tahap kedua akan kembali dibuka dalam waktu dekat. Dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag)

TANJUNG SELOR – Batas Waktu Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler tahap pertama telah berakhir, ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) telah melunasi, namun masih banyak pula yang belum melunasi, untuk itu Pelunasan tahap kedua akan kembali dibuka dalam waktu dekat.

Dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Utara (Kaltara), Muhammad Aslam masih ada puluhan CJH yang belum melunasi biaya haji untuk tahun 2019 ini.

“Pelunasan tahap pertama sudah berakhir sejak tanggal 15 April pukul 16.00 wita, ada sebanyak 381 orang yang melunasi dari total 414 kuota untuk Kaltara,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (16/4).

Lebih jauh ia katakan, berdasarkan data tersebut, dapat dilihat bahwa pelunasan BPIH di Kaltara telah mencapai 96 persen pada tahap pertama. Dimana jemaah asal Malinau memiliki tingkat pelunasan yang tinggi yaitu mencapai 96 persen dengan jumlah yang membayar sebanyak 49 orang dari 51 orang.

“Kemudian diikuti Bulungan yaitu mencapai 95 persen dengan total yang membayar sebanyak 81 orang dari 84 orang kuota yang ada,” sebutnya.

Sementara untuk Kota Tarakan mencapai 91 Persen dengan jumlah yang membayar sebanyak 134 orang dari total 148 kursi. Pun demikian dengan Nunukan yang mencapai 91 persen, dengan angka pelunasan mencapai 104 orang dari 114 kursi.

“Sementara itu Tana tidung mencapai 81 persen dengan jumlah pelunasan mencapai 13 orang dari total kuota 16 orang,” sebutnya.

Artinya kata Aslam dari 414 kuota haji yang ada, masih ada sebanyak 33 orang yang beluM melakukan pelunasan di tahap pertama. Dimana dapat dirincikan Bulungan sebanyak 4 orang, Tarakan 14 orang, Nunukan 10 orang, Malinau 2 orang dan Tana Tidung 3 orang.

“Kuota haji Kaltara berjumlah 414 jemaah haji dan 3 orang TPHD (Tim Petugas Haji Daerah) yang artinya total sebanyak 417 orang,” jelasnya.

Dengan demikian kata dia, debgan berakhirnya pelunasan tahap pertama dan masih adanya sisa kuota yang tersedia, maka pelunasan tahap keduapun akan dibuka, yaitu pada tanggal 30 April hingga dengan 10 Mei 2019.

“Dengan ketentuan seperti gagal sistem pelunasan pada tahap pertama, masuk kuota tahun ini yang sudah berhaji, pendamping lansia jika lansianya sudah melunasi tahap satu,” sebutnya.

Selain itu sebutnya, untuk penggabungan suami atau isteri, anak atau orang tua terpisah, kemudian lansia minimal 75 tahun per tgl 7 Juli 2019, dimana dapat didampingi oleh suami/isteri/anak kandung/adik kandung atau menantu dengan ketentuan telah terdaftar sebelum 1 Januari 2017.

“Tahap kedua juga untuk cadangan 5 persen. Untuk TPHD juga akan melakukan pelunasan pada tahap ini,” pungkasnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *