Kaltara Teraman Saat Pemilu, Polda Tetap Siaga 1

Kaltara Teraman Saat Pemilu, Polda Tetap Siaga 1

TANJUNG SELOR – Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) dan Mabes Polri belum lama ini, Kaltara yang merupakan provinsi terbungsu termasuk dalam kategori aman dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Bahkan berada pada puncak tertinggi dibandingkan daerah lainnya. Meski demikian, diungkapkan Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit, pihaknya tidak

TANJUNG SELOR – Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) dan Mabes Polri belum lama ini, Kaltara yang merupakan provinsi terbungsu termasuk dalam kategori aman dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Bahkan berada pada puncak tertinggi dibandingkan daerah lainnya.

Meski demikian, diungkapkan Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit, pihaknya tidak ingin kecolongan atau terjadinya gangguan Kamtibmas, untuk itu ditegaskannya hingga saat ini status Kaltara masih siaga satu.

“kita masih berlakukan siaga satu,” ungkapnya, Selasa (24/4).

Tampak salah seorang anggota KPPS saat bertugas mengarahkan pemilih memasukan surat suara ke kotak suara dalam pelaksanaan Pemilu 2019 di TPS 2 Desa Wonomulyo, Kecamatan Tanjung Palas Timur pada 17 April 2019 lalu.
MC BULUNGAN

Hal tersebut kata mantan Wakapolda Jawa Tengah ini, tentunya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang ada. Seperti misalnya masih berlangsungnya proses perhitungan suara yang ada.

“Baik itu di kecamatan, kabupaten hingga provinsi,” tuturnya.

Selama proses perhitungan tersebut kata dia, bukan tidak mungkin terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan atau gangguan kamtibmas lainnya, misalnya kecurangan yang kemudian dapat menimbulkan gesekan-gesekan di masyarakat.

“Itu terus kami pantau, sehingga dapat dilakukan pencegahan sedini mungkin,” jelasnya.

Untuk itu sebutnya, personel pengamanan masih terus melakukan tugasnya dalam mengawal proses perhitungan suara tersebut hingga benar-benar tidak adanya masalah yang terjadi.

“Personel masih terus melakukan pengamanan,” tegasnya.

Terlepas dari itu, dirinya juga meminta agar masyarakat Bumi Benuanta—sebutan lain Kaltara untuk tidak mudah terprovokasi terhadap suatu isu yang belum tentu kebenarannya.

“Karena sebagaimana kita ketahui saat ini sedang gencar-gencarnya pemberitaan terkait pemilu ini, percayakan saja kepada lembaga resminya, dalam hal ini ialah KPU. Jangan mudah terprovokasi, kita tunggu informasi resminya,” tegasnya.

 “Hindari berita-berita yang sumbernya tidak jelas, bisa jadi itu adalah hoaks, untuk itu saya tegaskan kembali agar semuanya dapat menahan diri dan menunggu hasil resminya yang nanti akan diumumkan oleh KPU,” sambungnya.

Terkait keamanan lanjutnya, baik itu Kepolisian maupun TNI juga telah berkomitmen untuk benar-benar menjaga keamanan pemilu hingga setelahnya agar tetap aman, damai dan sejuk.

“Memang semua komponen juga harus selalu menjaga kekompakkan dalam memelihara Kamtibmas di Kaltara, sehingga tercipta pemilu damai,” tutupnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *