Rumah Produksi Sentra IKM Mangkupadi Difungsikan

Rumah Produksi Sentra IKM Mangkupadi Difungsikan

TANJUNG SELOR – Rumah Produksi Sentra Industrik Kecil Menengah (IKM) Olahan Pangan yang dibangun oleh Disperindagkop dan UMKM Bulungan di Desa Mangkupadi, Tanjung Palas Timur akhirnya beroperasi setelah Bupati Bulungan H.Sudjati meresmikannya Sabtu (4/5). Disebutkan Kepala Disperindagkop dan UMKM Bulungan Ajer Supriyono, rumah produksi tersebut dibangun tahun 2018 lalu dengan dana alokasi khusus (DAK). Ia

TANJUNG SELOR – Rumah Produksi Sentra Industrik Kecil Menengah (IKM) Olahan Pangan yang dibangun oleh Disperindagkop dan UMKM Bulungan di Desa Mangkupadi, Tanjung Palas Timur akhirnya beroperasi setelah Bupati Bulungan H.Sudjati meresmikannya Sabtu (4/5).



Bupati Bulungan H.Sudjati meresmikannya Rumah Produksi Sentra Industrik Kecil Menengah (IKM) di Desa Mangkupadi, Tanjung Palas Timur

Disebutkan Kepala Disperindagkop dan UMKM Bulungan Ajer Supriyono, rumah produksi tersebut dibangun tahun 2018 lalu dengan dana alokasi khusus (DAK).

Ia menyebutkan, dibangunnya rumah produksi tersebut lantaran selama ini produksi olahan pangan yang dilakukan kelompok usaha di masyarakat masih tergabung dengan rumah tangga.

“Kurang sehat jika tidak dipisahkan,” jelasnya.

Untuk itu kata dia, Pemerintah Pusat melalui program revitalissi rumah industri, maka di Desa Mangkupadi yang telah memiliki kelompok usaha industri kecil menengah (IKM) khususnya olahan pangan hasil laut oleh kelompok Maju Bersama maka dibangunlah rumah produksi tersebut.

“Yang dibangun pada tahun 2018 lalu, dengan DAK dan APBD dengan total Rp 1,7 miliar,” urainya.

Pihaknya kata dia membantu seperti menyediakan peralatan untuk rumah produksi tersebut seperti lemari es, Genset, mixer hingga mesin open.

“Dengan demikian produksinya sudha terpisah dari produksi rumah tangga,” jelasnya.

Sehingga kedepan juga sangat diharapkan agar hasil-hasil produksi yang ada dapat mengikuti pameran produk yang diselenggarakan.

“Sebab produksi nya sudah sangat tertata, sebab untuk ruang produksi sudah dipisah-pisah, pun demikian ruang pengemasan dan penjualan, maupun proses-proses yang lainnya,” tuturnya.

“Sehingga kata dia masyarakat yang berkunjung ke Mangkupadi dan ingin mencari oleh-oleh dapat mengunjungi rumah produksi tersebut,” jelasnya.

Ia menyebutkan, rumah produksi tersebut bukan satu-satunya di Bulungan, sebab pada juga ada ruma produksi yang dibangun ole pihaknya di Kecamatan Bunyu.

“Jadi ini sudah yanh keduanya di Bulungan, kami juga berharap di kecamatan lainnya nanti bisa kita bangunkan, dengan melihat hasil produksi IKM yang ada,” sebutnya.

Sementara itu Bupati Bulungan H.Sudjati sangat berharap agar rumah produksi tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan kelompok yang ada juga bisa meningkatkan produskinya.

“Sangat diharapkan untuk difungsikan semaksimal mungkin, tidak hanya hasil laut namun hasil pertanian pun sangat kami harapkan bisa diolah,” bebernya.

Untuk itu ia juga berharap agar rumah produksi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Desa Mangkupadi untuk mengelolah hasil-hasil ekonomi yang produktif.

“Diharapkan ada inovasi dari desa setempat untuk tidak hanya mengelola satu jenis komoditi saja, namun harus bisa mengelolah usaha ekonomi produktif lainnya,” terangnya.

Sehingga kata dia bisa membuat ekonomi di wilayah tersebut bisa dapat lebih meningkat lagi dengan hasil dan pemasaran yang dapat terus ditingkatkan, tidak hanya di wilayah desa setempat saja.

“Harus bisa dipasarkan keluar kecamatan, kabupaten maupun provinsi,” tutupnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *