BP2RD Bulungan Jalin MoU Dengan BPD Kaltimtara

BP2RD Bulungan Jalin MoU Dengan BPD Kaltimtara

TANJUNG SELOR – Tak hanya pembayaran tagihan PDAM yang dapat dibayar melalui ATM atau online, pembayaran pajak pendapatan dan retribusi daerah pun dapat dilakukan demikian, hal tersebut setelah adanya MoU antara Pemkab Bulungan melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) dengan BPD Kaltimtara. Disebutkan Bupati Bulungan H.Sudjati, MoU tersebut telah ditandatangani belum lama ini

TANJUNG SELOR – Tak hanya pembayaran tagihan PDAM yang dapat dibayar melalui ATM atau online, pembayaran pajak pendapatan dan retribusi daerah pun dapat dilakukan demikian, hal tersebut setelah adanya MoU antara Pemkab Bulungan melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) dengan BPD Kaltimtara.

Disebutkan Bupati Bulungan H.Sudjati, MoU tersebut telah ditandatangani belum lama ini dalam rangkaian peluncuruan pelayanan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Pajak Pendapatan dan Retribusi Daerah secara Online.

Tampak Bupati Bulungan H.Sudjati berserta pihak BPD Kaltimtara saat menandatangani MoU SIMDA Pajak Pendapatan dan Retribusi Daerah secara online, Kamis lalu (2/5)
MEDIA CENTER BULUNGAN

“Layanan tersebut merupakan suatu inovasi dan bentuk dukungan BPD Kaltimtara terhadap proses pembangunan di Kabupaten Bulungan,” ungkapnya, Senin (6/5).

Ia melanjutkan, adanya kerjasama tersebut juga merupakan tindak lanjut dari pokok Surat Edaran Mendagri Nomor 910/1806/SJ dan Nomor 910/1867/SJ tentang Implementasi Traksaksi Non Tunai pada Pemerintahan Daerah.

“Sehingga kami tindaklanjuti dengan sistem tersebut, saya berharap kerjasama yang terjalin antara Pemkab Bulungan dengan Bank Kaltimtara dapat terus berlanjut serta saling memberi manfaat,” jelasnya.

Ia membeberkan, kelebihan dari adanya SIMDA Pajak Pendapatan dan Retribusi Daerah secara online yaitu penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) lebih fleksibel, serta Wajib Pajak daerah dalam menyampaikan SPTPD lebih mudah dan tepat waktu.

“Wajib pajak daerah tidak harus datang ke unit pengelola pajak daerah, ini juga upaya kita dalam meminimalisisr terjadinya hubungan antara petugas penagih dan wajib pajak, yang dapat berpotensi pungli,” ujarnya.

Ia sangat berharap, dengan adanya sistem online tersebut dapat mengoptimalkan pemanfaatan retribusi daerah serta pemungutan sistem pajak daerah untuk mempermudah bagi badan, kantor dan instansi dalam melaksankan kegiatan pembayaran pajak daerah serta mewujudkan pelayanan publik optimal di Kabupaten Bulungan.

Sementara itu, Kepala BP2RD Bulungan Adi Irwansyah menjelaskan melalui kerjasama tersebut adalah upaya pihaknya dalam mengoptimalisaisi penerimaan daerah, dengan kegiatan pengembangan dan pemeliharaan sistem tersebut.

“Ini tentu mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan kegiatan pembayaran pajak daerah, juga mewujudkan pelayanan publik yang efektif, optimal serta efisien di Bulungan,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan, selain Bulungan, sejauh ini baru ada tiga daerah yang menerapkan SIMDA secara online di seluruh Indonesia, untuk Bulungan sendiri kata dia ia laha yang pertama di Kaltara.

“Semoga dengan adanya sistem ini nantinya juga dapat meningkatkan kesadaran pajak, terutama bagi wajib pajak di Bulungan,” pungkasnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *