Tingkatkan Upaya Tax Clearance, Bulungan Implementasikan EsWePe

Tingkatkan Upaya Tax Clearance, Bulungan Implementasikan EsWePe

TANJUNG SELOR – Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, Badan Pengelolan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Bulungan mengimplementasikan elektronik status wajib pajak daerah (EsWePe) dalam rangka Local Tax Clearance di Lingkungan Pemkab Bulungan, yang mana telah dilaunching secara resmi oleh Bupati Bulungan H.Sudjati, Kamis (13/6). Dijelaskan Bupati Bulungan H.Sudjati, Pemkab Bulungan melalui BP2RD telah melakukan

TANJUNG SELOR – Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, Badan Pengelolan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Bulungan mengimplementasikan elektronik status wajib pajak daerah (EsWePe) dalam rangka Local Tax Clearance di Lingkungan Pemkab Bulungan, yang mana telah dilaunching secara resmi oleh Bupati Bulungan H.Sudjati, Kamis (13/6).

Dijelaskan Bupati Bulungan H.Sudjati, Pemkab Bulungan melalui BP2RD telah melakukan sinergi dalam pemenuhan kewajiban pajak pusat, dan saat ini melalui sinergi antar perangkat daerah seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, kecamatan hingga kelurahan, setiap jenis pelayanan perizinan dan non perizinan yang diberikan selalu meninjau kewajibannya.

“Itulah yang disebut dengan Tax Clearance yang telah banyak diterapkan oleh negara-negara maju dan berkembang,” jelasnya.

Ia melajutkan Kebutuhan Tax Clearance tersebut telah diwujudkan saat ini, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, yang bertujuan efektifitas dan efisiensi kedua layanan yang ada di DPMPTSP dan BP2RD.

“Yaitu dengan EsWePe atau elektronik status wajib pajak daerah,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, pemanfaatan aplikasi berbasis web tersebut merupakan pertama kali di Provinsi Kaltara atau bahkan di Kalimantan pada umumnya, sebab hanya beberapa kota besar seperti DKI Jakarta, Kota Bogor yang menerapkannya.

“Upaya inovasi yang dilakukan BP2RD dan sekaligus mewujudkan langkah-langkah strategis dalam pencegahan korupsi pada bidang keuangan daerah, khususnya di perpajakan daerah,” tuturnya.

Sehingga lanjutnya upaya tersebut dapat meningkatkan poin kita di mata KPK dalam koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi atau Korsupgah ke depannya. Diharapkan implementasikan sistem informasi EsWePe tersebut dapat meningkatkan upaya tax clearance.

“Sehingga bisa menghasilkan output, outcome, impact dan benefit bagi peningkatan PAD dan masa depan Bulungan,” tutupnya seraya menyebutkan ia menyambut baik adanya sistem tersebut, diharapkan pula kedepan dapat berpengaruh baik pada perkembangan PAD di Bulungan.(MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *