Takmir Masjid Agung Bentuk Panitia Penyembelihan Hewan Qurban

Takmir Masjid Agung Bentuk Panitia Penyembelihan Hewan Qurban

TANJUNG SELOR – Meski Hari Raya Idul Adha masih sebulan lagi, atau akan jatuh pada 11 Agustus Mendatang, tak membuat takmir Masjid Agung Istiqomah Tanjung Selor bersantai, hal ini dibuktikan dalam pergerakan yang cepat dengan membentuk Panitia Penyembelihan Hewan Qurban secara resmi pada Selasa (18/6). Ketua Masjid Agung Istiqomah HM Zulkifli Salim menyebutkan semua itu

TANJUNG SELOR – Meski Hari Raya Idul Adha masih sebulan lagi, atau akan jatuh pada 11 Agustus Mendatang, tak membuat takmir Masjid Agung Istiqomah Tanjung Selor bersantai, hal ini dibuktikan dalam pergerakan yang cepat dengan membentuk Panitia Penyembelihan Hewan Qurban secara resmi pada Selasa (18/6).

Ketua Masjid Agung Istiqomah HM Zulkifli Salim menyebutkan semua itu tentu untuk menghadapi Idul Adha atau hari raya qurban 1440 H. Dengan mengingat banyaknya persiapan yang perlu dilakukan kedepan, sehingga pembentukan dipercepat.

“Sudah dibentuk dan dipilih panitianya secara resmi,” ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa Masjid Agung Istiqomah merupakan representasi masjid Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan yang akan mengakomodir hewan qurban di wilayah Bulungan, khususnya di Tanjung Selor dan sekitarnya.

“Tugas kita menerima, termasuk melakukan penyembelihan kemudian menyalurkan daging qurban kepadanya yang berhak menerimanya,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, selain menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban, panitia tersebut nantinya juga akan mengkoordinir dan mendata jumlah hewan qurban di Tanjung Selor dan sekitarnya.

“Walau nanti lokasinya berada di berbagai tempat seperti langgar, mushola, sekolah, kantor, majelis taklim dan sebagainya,” terangnya.

Disebutkannya, panitia ini juga siap membantu masyarakat yang akan ingin berkonsultasi mengenai masalah qurban, yang nantinya akan diasuh oleh HS.Muhammad Bil Faqih, LC dan Drs.HS.Muthahar Al Jufrie.

“Jadi panitia siap menerima yang ingin berkonsultasi berkaitan dengan qurban tersebut, jadi tidak perlu sungkan,” imbuhnya.

Terlepas dari itu dirinya juga mengimbau masyarakat hingga panitia qurban nantinya agar lebih selektif dalam memilih hewan yang akan digunakan untuk ibadah qurban. Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi dari penanganan dampak kesehatan kurban.

“Pilihlah ternak yang sehat dan tidak cacat serta ternaknya cukup umur,” sebutnya.

Berkaitan dengan penyembelihan ia juga berharap daging yang disembelih telah memenuhi unsur ASUH yakni Aman, Sehat, Utuh, dan Halal. Dia juga ingin mengingatkan masyarakat pentingnya kebersihan lingkungan lokasi penyembelihan hewan kurban.

“Ini penting agar nanti daging tidak tercemar bakteri,” pungkasnya.

Berkaitan dengan pembentukan panitia yang telah dilakukan oleh Takmir Masjid Agung Istiqomah, sebagai ketua panitian terpilih ialah H.Mansyur Ahmad dan Wakil Ketua H.Mashdan Saleh serta Sekretaris H.Juan. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *