Bupati Sebut Inovasi Dalam Pembangunan Sangat Penting

Bupati Sebut Inovasi Dalam Pembangunan Sangat Penting

TANJUNG SELOR –  Bupati Bulungan H.Sudjati menyebutkan inovasi dalam pembangunan, merupakan faktor yang sangat penting. Hal ini ia katakan saat membuka sosialisasi penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) di Kabupaten Bulungan yang digelar di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan Jalan Jelarai Raya, Kamis (20/6). Bupati dalam sambutannya menyebutkan adanya inovasi dalam pembangunan, merupakan faktor

TANJUNG SELOR –  Bupati Bulungan H.Sudjati menyebutkan inovasi dalam pembangunan, merupakan faktor yang sangat penting. Hal ini ia katakan saat membuka sosialisasi penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) di Kabupaten Bulungan yang digelar di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan Jalan Jelarai Raya, Kamis (20/6).

Bupati dalam sambutannya menyebutkan adanya inovasi dalam pembangunan, merupakan faktor yang sangat penting agar daya saing ekonomi, dan ekonomi kreatif dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, khususnya di Kabupaten Bulungan.

“Maka dari itu saya atas nama pemerintah daerah Bulungan juga menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan ini,” ungkapnya.

Hal ini juga kata dia untuk menindaklanjuti peraturan bersama, Menteri Riset dan Teknologi Republik indonesia dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2012 dan Nomor 36 Tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah serta dan pelaksanaan masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia 2011 – 2025.

“Inovasi dapat dilakukan dalam berbagai hal, seperti menemukan cara baru, teknologi baru, penemuan baru dan pengetahuan baru, yang membutuhkan kreatifitas,” tuturnya.

Ia katakan Pemkab Bulungan melalui beberapa organisasi perangkat daerah, saat ini juga telah melakukan inovasi berupa pelayanan secara online maupun kebijakan program kegiatan yang bertujuan memudahkan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Keberadaan sistem inovasi daerah ini merupakan keseluruhan proses dalam satu sistem, untuk menumbuh kembangkan inovasi yang dilakukan antar institusi pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga penunjang inovasi, dunia usaha dan masyarakat,” sebutnya.

Ia mengatakan, penyusunan sistem inovasi daerah sangat penting sebagai wahana diskusi antar OPD, pelaku usaha serta pemangku kepentingan terkait untuk menyatukan persepsi dan pemahaman sistem inovasi daerah.

“Keberhasilan sistem inovasi daerah juga harus didukung semua elemen,” terangnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada semua anggota tim koordinasi penguatan Sistem Inovasi Daerah, untuk selalu berkoordinasi kepada semua elemen, dalam menyusun roadmap penguatan sistem inovasi daerah.

“Adanya kolaborasi, kerja dan kemitraan tentu akan lebih efektif mewujudkan kabupaten bulungan yang lebih berdaya saing,” urainya.

Ia juga berharap, melalui sosialisasi penguatan sistem inovasi daerah tersebut, dapat semakin meningkatkan kapasitas pemerintah daerah, daya saing daerah, serta sinergi sumber daya berbasis sistem inovasi daerah di Kabupaten Bulungan.

“Semoga melalui kegiatan ini, kita semua selaku pemangku kepentingan dapat menguatkan kebijakan, penataan unsur, menyusun roadmap dan mencapai sinkronisasi, harmonisasi dan sinergi kebijakan yang terkait penguatan sistem inovasi daerah di Bulungan,” pungkasnya.(MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *