Bupati Terima Audiensi Mahasiswa Terkait Jalan Rusak

Bupati Terima Audiensi Mahasiswa Terkait Jalan Rusak

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulunganmenerima audiensi yang dilakukan oleh aliansi mahasiswa yang melakukan unjuk rasa terkait persoalan Jalan poros Desa Teras, Kecamatan Tanjung Palas hingga Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah yang rusak parah di beberapa titiknya. Audiensi yang dilakukan oleh mahasiswa diterima oleh Bupati Bulungan H.Sudjati berserta wakilnya Ingkong Ala dan di

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulunganmenerima audiensi yang dilakukan oleh aliansi mahasiswa yang melakukan unjuk rasa terkait persoalan Jalan poros Desa Teras, Kecamatan Tanjung Palas hingga Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah yang rusak parah di beberapa titiknya.

Audiensi yang dilakukan oleh mahasiswa diterima oleh Bupati Bulungan H.Sudjati berserta wakilnya Ingkong Ala dan di dampingi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang) M.Isnaini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Adriani, Kepala Bagian Humas dan Protokol Minarni serta beberapa staf lainnya, Kamis (20/6).

Ada beberapa tuntutan mahasiswa dalam audensi tersebut, salah satunya adalah Meminta Kepada Pemkab Bulungan berkomitmen untuk memperbaiki jalan poros tersebut, kemudian juga meminta kepastian kepada Pemkab kapan memperbaikinya serta agar jalan tersebut dapat menjadi prioritas pembangunan.

Dikatakan Bupati Bulungan H.Sudjati, terkait masalah jalan tersebut memang menjadi perhatian pihaknya, harus diketahui bahwa jalan tersebut, sebelumnya berstatus jalan provinsi, kemudian kata dia pertengahan tahun 2018 jalan tersebut diserahkan kembali ke kabupaten.

“Yang seharusnya untuk penyerahan ini ada kesepakatan antara Provinsi dan Kabupaten, baru bisa dibuatkan SK-nya, ternyata tidak, provinsi membuatkan SK kemudian diserahkan ke kabupaten,” ungkapnya.

Hal ini lah yang kemudian menyulitkan pihaknya melakukan penangganan, sebab status jalan tersebut yang tertera di Kementerian PU-PR itu masih berstatus jalan provinsi, sehingga Pemkab Bulungan pun tidak bisa mengusulkan anggaran baik itu melalui DAK maupun lainnya.

“Sebab kita tidak bisa membiayai atau memperbaiki jalan yang statusnya berbeda. Sampai sekarang pun dari Pemkab melalui DPU-PR datang ke pusat status jalannya pun masih belum bisa dirubah, tahun 2020 atau 2021 baru bisa diubah statusnya atau kita masukan aset tersebut,” terangnya.

Namun meski demikian kata bupati, sebagai warga Bulungan juga merasakan dampaknya, untuk itu kata dia sehari sebelumnya juga Wakil Bupati Ingkong Ala bersama pihak DPU-PR Bulungan pun telah turun ke lokasi untuk melakukan peninjauan termasuk melakukan perhitungan.

“Sebagai bentuk perhatian kami, sudah dilakukan perhitungan, karena memang masalah ini urgent, kami berencana untuk membiayainya melalui APBD Perubahan, sekalipun keuangan kami sangat mepet,” jelasnya.

Sekalipun nanti kata dia tidak semulus jalan yang lainnya, paling tidak upaya yang akan dilakukan pihaknya tersebut mengurangi masalah yang ada dan bisa dilalui secara layak oleh masyarakat.

“Kami juga berupaya untuk membuat jalan ini seperti jalan-jalan yang lainnya, meski harus menunggu tahun berikutnya untuk masuk di APBD Murni,” ungkapnya.

Ditambahkan Wabup Ingkong Ala, pihaknya berencana juga akan melibatkan perusahaan yang berada di wilayah tersebut untuk bisa turut membantu melakukan penimbunan jalan sebagai upaya perbaikan sementara.

“Paling tidak hari Senin pekan depan akan kita lakukan pertemuan terlebih dahulu, sebab beberapa hari kedepan kami akan menyurati mereka terlebih dahulu,” ungkapnya.

Wabup menegaskan apabila tidak ada respon dari perusahaan yang diundang untuk hadir membahas masalah tersebut atau bahkan tidak ikut dalam upaya perbaikan sementara, maka perusahaan yang bersangkutan seharusnya tidak diberikan akses untuk melalui jalan tersebut.

“Apabila itu terjadi perlu peran masyarakat juga untuk turut mengawasi perusahaan-perusahaan ini,” pungkasnya. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *