PPDB, Disdukcapil dan Disdikbud Bulungan ‘Diserbu’ Masyarakat

PPDB, Disdukcapil dan Disdikbud Bulungan ‘Diserbu’ Masyarakat

TANJUNG SELOR – Dengan dibukanya Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) perhari ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulungan ramai dikunjungi masyarakat dari kalangan orangtua dan wali murid, pun demikian di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulungan pada  Senin (24/6). Dikatakan Kepala Disdukcapil Bulungan Abdul Wahid, kantor yang ia pimpin terletak di Jalan Meranti Tanjung

TANJUNG SELOR – Dengan dibukanya Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) perhari ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulungan ramai dikunjungi masyarakat dari kalangan orangtua dan wali murid, pun demikian di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulungan pada  Senin (24/6).

Dikatakan Kepala Disdukcapil Bulungan Abdul Wahid, kantor yang ia pimpin terletak di Jalan Meranti Tanjung Selor itu telah mulai ramai dikunjungi sejak Jumat (21/6). Adapun pelayanan yang dikunjungi seperti legalisasi administrasi kependudukan.

“Jadi memang beberapa hari ini kantor kita ramai dikunjungi masyarakat, utamanya meraka yang hendak mengurus anak-anaknya sekolah atau calon peserta didik baru,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, mengingat 24 Juni 2019 ini dibukanya pendaftaran baik itu pada tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Taman Kanak-kanak (TK), sehingga banyak para orang tua atau wali yang datang untuk mengurus berkas persyaratan untuk anaknya masuk sekolah.

“Baik itu mengurus legalisir Kartu Keluarga, Akta Kelahiran maupun KIA,” ungkapnya.

Disebutkannya, memang menjelang atau pada saat PPDB, sudah rutinitas pihaknya melayani ratusan berkas yang harus dilegalisir. Jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya hanya puluhan berkas saja.

“Jadi memang ada peningkatan, jika hari biasanya hanya puluhan berkas saja, pada saat seperti ini bisa sampai ratusan,” terangnya.

Lantaran banyaknya masyarakat yang inging mengurus legalisir tersebut, kata dia tempat yang ada terlihat cukup penuh dari hari-hari biasanya, sehingga antrean pun dilakukan agar terciptanya ketertiban bagi pengunjung.

Alhamdulillah semua tertib dan dapat kami layani satu persatu,” jelasnya.

Situasi yang sama juga terjadi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulungan yang terletak di jalan Kolonel Soetadji, dimana hari ini Tanggal 24 Hingga 25 Juni 2019 dikatakan Kepala Disdikbud Bulungan Jamaluddin Saleh dibukanya pendaftaran jalur khusus dan mutasi bagi SD yang kemudian akan diumumkan pada tanggal 26 Juni 2019.

Ia melanjutkan hari ini juga dibuka pendaftaran untuk jalur khusus/mutasi dan prestasi bagi tingkat SMP, yang mana juga akan diumumkan pada tanggal 26 Juni 2019.

Hari ini juga dibukanya pendaftaran jalur reguler atau zonasi baik di tingkat SD maupun SMP. Hingga nanti pada tanggal 27 Juni 2019. Yang mana akan diumumkan pada tanggal 1 Juli 2019. Sementara pada tingkat TK juga demikian, dibuka hingga 27 Juni 2019, dengan pengumumannya pada 1 Juli 2019.

Untuk pendaftaran ulang, akan dibuka pada tanggal 2 hingga 4 Juli 2019. Baik itu pada tingkat TK, SD hingga SMP. Hari pertama masuk sekolah akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2019. (MC Bulungan/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *