Upaya Optimalisasi Pajak, Pemkab Bulungan Gandeng DJP Kaltimtara

Upaya Optimalisasi Pajak, Pemkab Bulungan Gandeng DJP Kaltimtara

TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan, H Sudjati dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara, Samon Jaya menandatangani perpanjangan Kesepakatan Bersama (MoU) tentang Optimalisasi Penerimaan Pajak di Aula Kantor Wilayah DJP Kalimantan Timur dan Utara di Kota Balikpapan pada Senin (24/6). Salah satu tindak lanjut dari MoU tersebut yaitu Pemkab melalui

TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan, H Sudjati dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara, Samon Jaya menandatangani perpanjangan Kesepakatan Bersama (MoU) tentang Optimalisasi Penerimaan Pajak di Aula Kantor Wilayah DJP Kalimantan Timur dan Utara di Kota Balikpapan pada Senin (24/6).

Salah satu tindak lanjut dari MoU tersebut yaitu Pemkab melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Bulungan dapat belajar mengenai strategi optimalisasi data dan informasi untuk meningkatkan PAD dari sektor pajak dan retribusi daerah.

Bupati Bulungan, H Sudjati mengucapkan terima kasih atas terjalinnya kesepakatan bersama tersebut dan mengharapkan ada tindakan atau aksi nyata kedua belah pihak untuk meningkatkan penerimaan pajak.

“Sehingga tujuan MoU ini yaitu optimalisasi penerima pajak dapat terwujud, karenamelalui pajak dapat dipakai untuk pembangunan masyarakat Kabupaten Bulungan,” ucap Bupati.

Dilanjutkannya, Pemkab Bulungan gembira dapat bekerjasama dengan DJP karena dapat saling memberi informasi dan data perpajakan yang nantinya dapat digunakan untuk penggalian potensi perpajakan dan evaluasi penerimaan pajak. Apabila penerimaan pajak tinggi tentunya DAK dan DAU yang diterima Pemerintah Daerah juga akan meningkat.

Kepala Kanwil DJP Kaltim Kaltara, Samon Jaya dalam kesempatan sama menjelaskan, MoU tersebut bertujuan mengoptimalkan penerimaan pajak, peningkatan pengetahuan dan profesionalisme aparatur pajak serta pemanfaatan dan pemutakhiran data dan informasi perpajakan bagi kedua belah pihak.

Bagi DJP, data dan informasi yang diberikan oleh Pemkab Bulungan dapat dipergunakan untuk membangun basis data perpajakan yang lebih baik. Data tersebut merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mendeteksi kemungkinan ketidakpatuhan maupun penyimpangan yang dilakukan oleh Wajib Pajak.

“Harapannya, dengan adanya pengawasan melalui basis data tersebut kepatuhan Wajib Pajak dapat ditingkatkan,” tandasnya.

Ditambahkan pula, Kanwil DJP Kaltimtara dan Pemkab Bulungan akan bersama-sama melaksanakan kegiatan terkait penerimaan pajak yang menjadi hak Kabupaten Bulungan maupun pemerintah pusat. (MC Bulungan/hms/slu)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *