Menjadi Narsum di IDF 2019, Bupati Paparkan Sektor Pendidikan

Menjadi Narsum di IDF 2019, Bupati Paparkan Sektor Pendidikan

Bulungan, CitraBenuanta – Bupati Bulungan H.Sudjati menghadiri undangan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) yang menyelenggarakan lndonesia Development Forum (lDF) 2019 untuk menjadi narasumber di Jakarta pada 22-23 Juli 2019. Forum IDF ini merupakan forum yang diinisiasi oleh Kementerian PPN/Bappenas yang bekerja sama dengan Pemerintah Australia, melalui Knowledge Sector Initiative (KSI), bertujuan

Bulungan, CitraBenuanta – Bupati Bulungan H.Sudjati menghadiri undangan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) yang menyelenggarakan lndonesia Development Forum (lDF) 2019 untuk menjadi narasumber di Jakarta pada 22-23 Juli 2019.

Forum IDF ini merupakan forum yang diinisiasi oleh Kementerian PPN/Bappenas yang bekerja sama dengan Pemerintah Australia, melalui Knowledge Sector Initiative (KSI), bertujuan sebagai platform bagi praktisi pembangunan untuk bertukar ide dan pemikiran baru dalam mengatasi permasalahan pembangunan di lndonesia.

Dalam forum IDF yang ketiga kalinya ini dihadiri oleh sekitar 1.500 peserta dengan latar belakang dari lembaga pemerintahan, perguruan tinggi, lembaga riset, organisasi masyarakat sipil, perusahaan swasta, mitra pembangunan internasional, dan media.

Yang mana mempresentasikan praktik-praktik terbaik pembangunan dan pembelajaran, dari tingkat daerah hingga nasional, serta pengalaman di tingkat internasional yang relevan dalam konteks lndonesia.

Dalam hal ini, bupati Bulungan yang merupakan salah satu narasumber dari 250 pembicara dari dalam dan luar negeri yang diundang berkesempatan memaparkan berkaitan dengan sektor pendidikan pada perhelatan yang mengusung tema “Mission Possible : Seizing the Opportunities of Future Work to Drive lnclusive Growth” itu.

Dengan program literasi kelas awal yang telah berjalan sejak tahun 2018 yang lalu di Bulungan dengan berkerjasama dengan tim Inovasi lah yang membuat bupati dapat hadir karena dipandang memiliki gagasan dan wawasan baru untuk mampu mempersiapkan para pekerja masa depan, menciptakan lapangan kerja baru yang layak, menggerakan transformasi struktural, dan memastikan hasil-hasil pembangunan merata, inklusif dan berkelanjutan.

Bupati memaparkan, McKensey Global Institute (MGI) menyatakan Indonesia membutuhkan 113 juta tenaga kerja terlatih baru pada 2030. Pada saat itu penduduk usia produktif Indonesia, diproyeksikan mencapai 68 persen dari total populasi.

“Indonesia menjadi negara dengan populasi usia produktif terbesar di Asia Tenggara. Ini akan menjadi peluang, jika dapat mendorong sektor pendidikan, menyediakan SDM yang produktif,” sebutnya dalam paparan.

Bupati juga menyebutkan, salah satu tantangan pendidikan Indonesia adalah rendahnya keterampilan literasi. Keterampilan literasi Indonesia salah satu yang terendah di dunia, untuk itu terampil membaca adalah kunci bagi anak untuk bisa belajar dan berkembang.

“Keterampilan membaca merupakan fondasi bagi masa depan anak dan bangsa. Terampil membaca maksudnya, anak mampu membaca teks, paham isi bacaan dan mampu mengembangkan isi bacaan itu dengan bahasa sendiri,” paparnya.

Kemampuan tersebut kata dia akan mempengaruhi kemampuan belajar mereka di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tidak mahir membaca pada usia awal sekolah (kelas 1-3 SD) akan berdampak kepada daya saing dan rendahnya produktivitas di masa depan. Hanya dengan terampil membaca, anak bisa mempelajari pengetahuan dan skill yang dibutuhkan

Pemerintah Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) menjawab tantangan ini dengan tiga strategi yakni meningkatkan keterampilan mengajar guru melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), penyediaan buku kelas awal yang berkelanjutan, dan layanan khusus bagi siswa yang lamban membaca. “Ibarat layaknya menanam sebuah pohon buah, yang sangat menentukan pohon itu dapat tumbuh dan menghasilkan buah yang baik adalah karena adanya akar-akar pohon yang kuat dan sehat,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *