JCH Bulungan Diberangkatkan Melalui Bandara Kalimarau

JCH Bulungan Diberangkatkan Melalui Bandara Kalimarau

Bulungan, CitraBenuanta – Sebanyak 157 orang Jamaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam embarkasi Balikpapan Kloter 14 telah diberangkatkan dan meninggalkan Bumi Tenguyun–sebutan lain Bulungan melalui Bandar Udara (Bandara) Kalimarau, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (1/8). Dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bulungan Hamzah, melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Raside tahun ini

Bulungan, CitraBenuanta – Sebanyak 157 orang Jamaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam embarkasi Balikpapan Kloter 14 telah diberangkatkan dan meninggalkan Bumi Tenguyun–sebutan lain Bulungan melalui Bandar Udara (Bandara) Kalimarau, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (1/8).

Dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bulungan Hamzah, melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Raside tahun ini sebanyak 157 JCH asal Bulungan sebelumnya berkumpul di Masjid Agung Istiqomah Tanjung Selor dengan diantar oleh sanak keluarganya dan selanjutnya menuju Kalimarau Berau dengan menggunakan Bus Damri dan Bus Pemkab Bulungan.

“Hari ini (Kemarin, Red), calon haji asal Bulungan telah berangkat menuju Balikpapan,” ungkapnya.

Selanjutnya kata dia JCH asal Bulungan pada hari Kamis (2/8) akan menuju asrama haji. Kemudian pada tanggal 3 Agustus 2019 akan menuju Jeddah dan tiba tanggal 4 Agustus. Disebutkannya JCH Bulungan tergabung dalam kloter 14 embarkasi Balikpapan, bersama dengan jamaah asal Tarakan, Malinau, dan Tana Tidung.

Ia juga menyebutkan memang keberangkatan tahun ini berbeda dengan beberapa tahun lalu. Sebelumnya keberangkatan jamaah haji asal Kabupaten Bulungan melalui Bandara Internasional Juwata, Kota Tarakan.

“Jalur Berau diambil lantaran untuk mengurangi kelelahan JCH,” ungkapnya.

Ia katakan, jika melalui Tarakan jamaah harus menyeberang lagi menggunakan speedboat ke Tarakan, sesampainya di Tarakan jamaah juga harus menggunakan transportasi darat lagi untuk menuju bandara.

“Jadi sangat memakan waktu, dan jamaah haji juga bisa kelelahan, itulah yang menjadi pertimbangan kita kenapa jamaah haji Bulungan diberangkatkan melalui Kabupaten Berau,” jelasnya.

Selain itu, jamaah haji asal Tarakan, Nunukan, Malinau dan KTT keberangkatan semua terpusat di Bandar Udara Internasional Juwata. Dan maskapai yang beroperasi di Kaltara yang tidak menerapkan bagasi berbayar hanya maskapai Batik Air dan Sriwijaya Air. Otomatis, para jamaah itu akan memperebutkan keberangkatan dua maskapai tersebut.

“Jadi kalau kita juga melalui Tarakan tentu akan kesulitan,” bebernya.

Terlepas dari itu ia juga berpesan agar JCH asal Bulungan untuk tetap menjaga kesehatan dan memperhatikan pola makan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk diketahui selain masyarakat umum yang berangkat menunaikan haji, juga terdapat beberapa pejabat di Pemkab Bulungan yang turut menunaikan rukun islam tersebut, seperti Sekkab Bulungan Syafril berserta istri dan beberapa kepala serta pejabat struktural beberapa OPD lainnya. (MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *