Diskominfo Gelar FGD Finalisasi Penyusunan Masterplan TIK

Diskominfo Gelar FGD Finalisasi Penyusunan Masterplan TIK

Bulungan, CitraBenuanta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) gelar Focus Group Discussion (FGD) Finalisasi Penyusunan Masterplan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Ingkong Ala di Ruang Serbaguna Lantai I Kantor Bupati Bulungan, Kamis (8/8). Dalam sambutanya wabup menjelaskan finalisasi masterplan TIK tersebut merupakan pertemuan dan

Bulungan, CitraBenuanta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) gelar Focus Group Discussion (FGD) Finalisasi Penyusunan Masterplan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Ingkong Ala di Ruang Serbaguna Lantai I Kantor Bupati Bulungan, Kamis (8/8).

Dalam sambutanya wabup menjelaskan finalisasi masterplan TIK tersebut merupakan pertemuan dan diskusi akhir untuk menghimpun usulan-usulan maupun masukan terkait masterplan dan roadmap TIK di Kabupaten Bulungan.

“Dari pertemuan sebelumnya bersama dengan PT Gamatechno Indonesia yang berasal dari Yogyakarta, kita sudah dapat memetakan berapa permasalahan terkait perencanaan dan pengembangan masterplan TIK di Bulungan,” ungkapnya.

Permasalahan utama kata wabup tentu berkaitan dengan ketersediaan jaringan infrastruktur maupun layanan TIK yang belum merata di seluruh wilayah Bumi Tenguyun, yang kemudian dipengarhi kondisi geografis di 10 kecamatan yang ada.

“Selain itu juga penduduk, tingkat ekonomi hingga dukungan anggaran dan SDM,” tuturnya.

Dengan demikian dilanjutkan wabup, keberadaan masterplan dan roadmap pengembangan TIK di Bulungan ini menjadi penting dan strategis, yang akan dimulai dari upaya meningkatkan akuntabilitas TIK di setiap OPD.

“Juga internelisasi sistem serta aplikasi program yang terintegritas antar semua OPD,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan bahwa penerapan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu indikator penilaian birokratif suatu lembaga yang sifatnya efektif dan efisien baik dari segi anggaran maupun waktu.

“Melalui TIK, proses penyampaian informasi dan pelayanan publik dapat lebih terintegrasi dan terkdokumentasi dengan baik,” ujarnya.

“Disamping itu TIK adalah salah satu strategi untuk mengubah budaya kerja pegawai agar lebih disiplin dan sistematis,” sambungnya.

Terlepas dari itu, wabup juga menyampaikan kebijakan pemerintah mengenai e-goverment yaitu pemanfaatan TIK dalam penyelenggaraan sistem elektronik untuk administrasi pemerintah dan pelayanan publik tersebut harus didukung.

“Harus diterapkan pula,” tegasnya.

Untuk itu wabup sangat berharap, melalui penyusunan masterplan dan roadmap TIK tersebut dapat lebih mengintegritaskan penerapan serta pengelolaan teknologi informasi komunikasi, pengembangan jaringan, SDM, SOP serta kebijakan  terutama di antara OPD.

“Sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi lembaga dalam hal ini Pemkab Bulungan,” sebutnya.

Wabup juga berharap FGD tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dalam memetakan penggunaan layanan TIK pada unit kerja, kebutuhan apapun itu yang diperlukan pada layanan TIK tersebut, bagaimana prosedur dan pemanfaatan TIK di unit kerja serta kendala yang dihadapi dalam pengelolaan dan pemanfaatan TIK di unit kerja masing-masing.

“Kemudian mampu memberikan solusi terhadap masalah penggunaan jaringan yang masing tidak stabil, kebutuhan alat pendukung TIK yang berstandar baik, serta perlunya sumber daya yang memiliki kopetensi di bidang IT.

“Sehingga perlu diadakan peningkatan kapasitas terhadap SDM yang ada,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *