Bupati Minta DD dan ADD Digunakan Seoptimal Mungkin

Bupati Minta DD dan ADD Digunakan Seoptimal Mungkin

Bulungan, CitraBenuanta – Bupati Bulungan H.Sudjati, SH meminta agar Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) yang ada di Kabupaten Bulungan digunakan seoptimal mungkin. Hal tersebut ia sampaikan saat menghadiri Syukuran HUT Desa Gunung Sari Kecamatan Tanjung Selor Ke-22, Rabu (28/8). Bertempat di Halaman Kantor Desa Gunung Sari, bupati menyampaikan bahwa di tahun 2019

Bulungan, CitraBenuanta – Bupati Bulungan H.Sudjati, SH meminta agar Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) yang ada di Kabupaten Bulungan digunakan seoptimal mungkin. Hal tersebut ia sampaikan saat menghadiri Syukuran HUT Desa Gunung Sari Kecamatan Tanjung Selor Ke-22, Rabu (28/8).

Bertempat di Halaman Kantor Desa Gunung Sari, bupati menyampaikan bahwa di tahun 2019 ini, Kabupaten Bulungan mendapatkan DD sebesar Rp 83,9 miliar rupiah, dan ADD sebesar Rp  71,2 miliar yang diperuntukkan bagi 74 desa se-Kabupaten Bulungan, termasuk Desa Gunung Sari.

“Jumlah ini meningkat signifikan dari tahun sebelumnya, yaitu di tahun 2018 kabupaten bulungan hanya menerima sebesar 67,5  miliar rupiah untuk DD. Pun demikian juga dengan ADD nominalnya sama,” ungkapnya.

Untuk itu ia berharap, kedua anggaran yang diperuntukan untuk desa-desa tersebut dapat digunakan seoptimal mungkin oleh segenap unsur masyarakat dan pemerintah desa, pun demikian di Desa Gunung Sari.

Ia melanjutkan, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo, agar penggunaaan DD maupun ADD bisa diperuntukan seperti pembuatan jalan desa, jembatan, irigasi dan sebagainya, agar menggunakan material atau bahan bangunan di desa setempat atau di desa tetangga.

“Usahakan jangan sampai dana desa tersebut kembali lagi ke kota, karena semakin tinggi perputaran uang yang ada di desa, akan memberikan kenaikan atau peningkatan kesejahteraan pada masyarakat desa,” terangnya.

Untuk itu ia mengatakan Pemerintah Kabupaten juga berharap, kiranya seluruh unsur masyarakat desa, termasuk Gunung Sari agar dapat terus mendukung dan berpartisipasi aktif melaksanakan berbagai program pembangunan.

“Baik itu pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten, sebab tujuan dari pembangunan adalah untuk mewujudkan masyarakat yang semakin sejahtera, makmur dan mandiri,” sebutnya.

Terlepas dari itu, berkaitan dengan HUT Desa Gunung Sari, ia atas nama Pemkab Bulungan selamat merayakan usia desa gunung sari yang tahun ini sudah mencapai usia 22 tahun perjalanan desa.

“Usia ke 22 tahun ini dalam perjalanan hidup manusia masuk dalam rentang usia emas, atau puncak performa tubuh fisik manusia. Maka demikian halnya dengan Desa Gunung Sari, kami harapkan dalam usianya tersebut dapat mencapai puncak performa atau peningkatan pembangunan di berbagai bidang,” tuturnya.

“Baik dalam pembangunan fisik infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia, masyarakat desa gunung sari,” sambungnya.

Ia juga menyebutkan melalui HUT Ke-22, agar semua pihak juga dapat terus membangun desa dengan semangat kekeluargaan, kedamaian, persatuan dan kerukunan antara Pemkab Bulungan dengan masyarakat Desa Gunung Sari. “Semoga semakin maju, masyarakatnya semakin makmur, dan semoga Allah, tuhan yang maha esa, dapat memberikan berkah dan ridho-Nya kepada kita semua,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *