Tanjung Palas Timur Siaga Karhutla

Tanjung Palas Timur Siaga Karhutla

Bulungan, CitraBenuanta – Saat ini sebagian wilayah Indonesia diselimuti kabut asap akibat dari terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), pun demikian di Bulungan, Kalimantan Utara, kabut asap sejak beberapa hari terakhir telah timbul dan bahkan kian pekat, seperti halnya pada Senin (16/9). Kondisi tersebut terjadi disinyalir selain asap kiriman dari daerah luar Kaltara, juga asap

Bulungan, CitraBenuanta – Saat ini sebagian wilayah Indonesia diselimuti kabut asap akibat dari terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), pun demikian di Bulungan, Kalimantan Utara, kabut asap sejak beberapa hari terakhir telah timbul dan bahkan kian pekat, seperti halnya pada Senin (16/9).

Kondisi tersebut terjadi disinyalir selain asap kiriman dari daerah luar Kaltara, juga asap dari daerah Bulungan sendiri akibat adanya karhutla yang terjadi di beberapa titik di Bumi Tenguyun.

Data per 15 September 2019, terdeteksi sebanyak 6 titik hot spot yang terjadi di Bulungan, yaitu terdapat di Kecamatan Tanjung Palas Timur, seperti di Desa Tanah Kuning dan Mangkupadi.

Saat ini dikatakan Bupati Bulungan, H. Sudjati, SH, pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulungan dan juga dibantu dari BPBD Kaltara serta unsur TNI, Polri dan masyarakat terus bersiaga.

“Sebagai tindak lanjut kondisi tersebut, Tanjung Palas Timur, ditetapkan sebagai kawasan siaga Karhutla, saat ini petugas dibantu warga sudah berupaya melakukan pemadaman dan sudah mulai terkendali,” jelasnya.

Koordinasi lanjutnya saat ini juga masih terus dilakukan, pun demikian dengan laporan terus disampaikan dari lapangan. Selain itu kata dia, Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, Kapolres, Dandim serta Kadis Pol PP dan PMK juga telah turun ke lapangan.

“Saat ini petugas masih siaga, dikhawatir kan titik api kembali muncul dan meluas,” jelasnya.

Sementara itu Kepala BPBD Bulungan Ali Patokah menyebutkan saat ini pihaknya masih terus bersiaga untuk melakukan pemadaman. Untuk kabut asap yang menyelimuti wilayah Bulungan ini, disinyalir merupakan kabut asap kriman dari beberapa daerah luar Kaltara.

“Untuk saat ini karhutla di wilayah tersebut bisa terkendali namun belum tuntas. Untuk asap informasinya sebagian lahan yang berada di perbatasan Berau-Bulungan juga mengalami kebakaran. Sehingga, besar kemungkinan jika asap yang melanda saat ini berasal dai wilayah tersebut, ada juga asap ditimbulkan dari Bulungan tapi sedikit saja,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *