Gedung Tenis Indoor Akan Jadi Markas Sementara Korem Kaltara

Gedung Tenis Indoor Akan Jadi Markas Sementara Korem Kaltara

Bulungan, CitraBenuanta – Pada akhir tahun 2019 ini Komando Resor Militer (Korem) akan segera hadir di Kalimantan Utara (Kaltara) khususnya di Ibu Kota yaitu di Tanjung Selor, hal ini menyusul telah ditandatanganinya Keppres pembentukan Korem di perbatasan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. Menyikapi hal tersebut, pihak Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman pun langsung

Bulungan, CitraBenuanta – Pada akhir tahun 2019 ini Komando Resor Militer (Korem) akan segera hadir di Kalimantan Utara (Kaltara) khususnya di Ibu Kota yaitu di Tanjung Selor, hal ini menyusul telah ditandatanganinya Keppres pembentukan Korem di perbatasan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Menyikapi hal tersebut, pihak Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman pun langsung melakukan kunjungan kerja ke Tanjung Selor untuk meninjau sarana dan prasana persiapan Korem tersebut yang di pimpin langsung oleh Panglima Kodam (Pangdam), Mayjen TNI Subiyanto, Kamis (19/9).

Dikatakan jenderal bintang dua tersebut kedatangannya ke Kaltara untuk menindaklanjuti adanya Keppres yang telah ditandatangani sepekan lalu tersebut. Bahwa Korem Kaltara akan segera ada di Kaltara.

“Akan dipimpin jenderal bintang satu, membawahi kurang lebih 300 personel TNI AD,” ungkapnya.

Dalam kunjungan kerjanya, salah satu lokasi yang ditinjau adalah Gedung Tenis Indoor yang berada di kawasan Jalan Gelatik Tanjung Selor, didampingi oleh Bupati Bulungan, H.Sudjati, SH. Gedung tersebut nantinya akan menjadi markas sementara Korem Kaltara.

“Berdasarkan hasil peninjauan di lapangan dan berbagai pertimbangan telah diputuskan bahwa Gedung yang merupakan aset Pemkab Bulungan tersbeut menjadi pilihan utama untuk dipinjampakai guna keperluan markas Korem Kaltara sembari menunggu pembangunan markas parmanen,” ungkapnya.

Hal tersebut kata dia dilihat dari kondisi gedung yang dapat dijadikan ruang-ruang staf, kamar mandi yang layak, dan lahan parkir yang luas. Sehingga menjadi pilihan utama. Untuk pembangunan markas parmanen diprediksi baru akan terlaksana pada tahun 2020 mendatang.

“Lahannya sudah siap, yaitu di Jalan Semangka. Rencana pembangunannya akan dimulai pada tahun 2020. Luas lahan 2,7 hektar dan luas bangunan 2.100 meter persegi, dan akan dibangun 3 lantai,” ungkapnya.

“Sesuai dengan besaran program kerja dan anggaran dari Mabes TNI, maka pembangunan akan dilakukan bertahap, termasuk perumahan anggota nantinya,” sambungnya. 

Terlepas dari itu ia juga menuturkan bahwa target perbaikan Gedung Tenis Indoor diperkirakan akan selesai pada akhir tahun ini, setelahnya barulah personel bisa ditempati.

“Rencananya kita ajukan nanti untuk Nomor Korem nanti 0902. Itu nanti keputusannya dari pimpinan angkatan darat dan ini sudah diajukan ke mabes dan tentunya Mabes mengikuti kita,” katanya.

“Pun demikian dengan namanya, akan mengikuti kearifan lokal yang ada,” timpalnya.

Ditambahkannya Korem Kaltara dibangun dengan pertimbangan bahwa wilayah Kaltara merupakan beranda depan negara dan berbatasan langsung dengan negara tetangga maka pembangunan Korem Kaltara akan semakin dapat memperkuat wilayah teritorial dan pertahanan negara khususnya wilayah teritorial Kodam VI/Mulawarman.

“Keberadaan Korem tentunya sangat dibutuhkan untuk wilayah Kaltara. Sebab, melihat kondisi Kaltara yang memiliki kondisi geografis  daerah perbatasan dan membutuhkan pengawasan. Sehingga, upaya percepatan pembangunan perlu dilakukan,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *