Bimtek Penerapan Aplikasi SiMaya, Pemkab Hadirkan Pihak Kominfo RI

Bimtek Penerapan Aplikasi SiMaya, Pemkab Hadirkan Pihak Kominfo RI

Bulungan, CitraBenuanta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) E-Government penerapan Aplikasi Sistem Adminitrasi Perkantoran Maya (SiMaya) dengan menghadirkan pihak Kementerian Kominfo RI, di Lantai II Kantor Bupati Bulungan, Kamis (3/10/19). Dikatakan Kadiskominfo Bulungan, H.M Zulkifli Salim, SE., M.Si aplikasi SiMaya merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pemberdayaan

Bulungan, CitraBenuanta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) E-Government penerapan Aplikasi Sistem Adminitrasi Perkantoran Maya (SiMaya) dengan menghadirkan pihak Kementerian Kominfo RI, di Lantai II Kantor Bupati Bulungan, Kamis (3/10/19).

Dikatakan Kadiskominfo Bulungan, H.M Zulkifli Salim, SE., M.Si aplikasi SiMaya merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 tahun 2011 tentang pedoman umum tata naskah dinas elektronik atau TNDE di lingkungan pemerintah, dan Surat Edaran Menpan-RB Nomor 5 Tahun 2013 tentang Penggunaan Aplikasi TNDE.

Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Setkab Bulungan, Drs.H.Agus Nurdiansyah saat mewakili bupati menyampaikan sambutan.

“Manfaat dan tujuan penggunaan SiMaya ini tentu saja dalam rangka efektifitas dan efisiensi administrasi perkantoran, meningkatkan koordinasi dan keterhubungan antar instansi pemerintah, pengendalian surat keluar, surat masuk serta tata naskah dinas,” urainya.

Beberapa waktu lalu lanjutnya, telah dilakukan uji coba, namun kata dia masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki, sehingga pada kegiatan kali ini kembali dilakukan bimbingan teknis kepada seluruh admin yang ada di setiap OPD yang ada di lingkungan Pemkab Bulungan.

“Dimana narasumbernya langsung dari Kementerian Kominfo atau Ditjen APTIKA, yaitu bapak Niki Maradona, dari seksi Pengembangan Layanan Aplikasi Informatika Kemaritiman dan PMK,” jelasnya.

Narasumber dari Kementerian Kominfo, Niki Maradona, S.Kom saat menyampaikan materi.

Untuk itu kata dia, semoga dengan materi-materi yang disampaikan oleh narasumber, penerapan aplikasi tersebut dapat segera dilakukan untuk menunjang segala kegiatan administrasi di setiap OPD.

Sekretaris Diskominfo Bulungan, H.Gafar (Paling Kanan) saat persiapan pembukaan acara

“Kita berharap agar aplikasi ini dapat segera benar-benar diterapkan dan dimanfaatkan,” imbuhnya.

Sementra itu, mewakili Bupati Bulungan, H.Sudjati, SH, Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Setkab Bulungan Drs H.Agus Nurdiansyah, menyampaikan agar semua OPD di lingkungan Pemkab Bulungan, agar serius dalam mengikuti bimtek tersebut sehingga segera pengelolaan naskah dinas konvensional dapat diubah secara online.

“Adanya aplikasi SiMaya penting dalam mewujudkan good government,  di mana dewasa ini hampir semua komponen masyarakat menggunakan teknologi informasi komunikasi atau TIK dalam pelayanan perkantoran maupun pelayanan publik lainnya,” terangnya.

Ia melanjutkan, bagaimana SiMaya tersebut bisa membantu kinerja?, ia jelaskan sebagai salah satu contohnya adalah pendisposisian surat,  dengan aplikasi tersebut bisa dilakukan di manapun keberadaan kita. “Sehingga diharapkan kerja cepat bisa terealisasi. Saya atas nama Pemda mengucapkan terima kasih dan menyambut baik adanya kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *