Bupati Membuka Kegiatan Peringatan HKG Ke-47

Bupati Membuka Kegiatan Peringatan HKG Ke-47

Bulungan, CitraBenuanta – Bupati Bulungan H.Sudjati, SH membuka kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-47 yang dirangkaikan dengan rapat konsultasi TP PKK dan Lomba Cipta Menu Antar Kecamatan se Kabupaten Bulungan yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Jalan Jelarai, Kamis (17/9/19). Dikatakan bupati, ia atas nama pemerintah daerah serta selaku ketua pembina tim

Bulungan, CitraBenuanta – Bupati Bulungan H.Sudjati, SH membuka kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-47 yang dirangkaikan dengan rapat konsultasi TP PKK dan Lomba Cipta Menu Antar Kecamatan se Kabupaten Bulungan yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Jalan Jelarai, Kamis (17/9/19).

Dikatakan bupati, ia atas nama pemerintah daerah serta selaku ketua pembina tim penggerak PKK Bulungan, mengucapkan selamat hari kesatuan gerak PKK ke-47 dan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan ini.

“Yang merupakan salah satu wujud aktifnya gerakan PKK sebagai sebuah organisasi di daerah Bulungan,” jelasnya.

Selain itu kata dia, ia juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya, atas prestasi yang diraih tim penggerak PKK baru-baru ini, yaitu Tim Penggerak PKK Desa Jelarai yang berhasil masuk 5 besar.

“Dalam lomba pola asuh anak dan remaja tingkat nasional, dalam peringatan hari kesatuan gerak PKK ke-47 tingkat pusat di Padang, Sumatera Barat pada Juli lalu. atas prestasi tersebut, ketua tim penggerak PKK Kabupaten Bulungan menerima penghargaan Adhibakti Madya dari ketua umum tim penggerak PKK pusat,” jelasnya.

Terlepas dari itu berkaitan dengan rapat konsultasi yang dillaksanakan merupakan kegiatan strategis dalam rangka penyusunan rencana program kerja tim penggerak PKK Kabupaten Bulungan.

“Agar terarah dan terkoordinasi dengan baik, sehingga dapat sesuai dengan kondisi dan aspirasi daerah yang pada akhirnya gerakan PKK dapat terasa lebih bermanfaat oleh masyarakat secara luas, dan mampu memberikan andil yang lebih besar dalam pembangunan di Bulungan,” jelasnya.

Dikatakan bupati, rapat konsultasi tersebut juga merupakan kesempatan bagi OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Bulungan, untuk berkoordinasi dengan tim penggerak PKK, yang notabene memiliki kader atau tenaga sampai dengan tingkat paling bawah di desa.

“Yaitu dasawisma agar dapat membantu pelaksanaan program di OPD,” terangnya.

Ia melanjutkan, jika OPD dapat memanfaatkan tim penggerak PKK dalam arti positif, dalam melaksanakan program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat maka Insya Allah program tersebut akan berhasil.

“Khususnya dalam mendorong percepatan 10 program pokok PKK untuk memecahkan berbagai persoalan pemberdayaan keluarga, dengan tujuan akhir menjadi gerakan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya dikatakan bupati, ia berharap lomba cipta menu antar kecamatan yang dilaksanakan tersebut dapat mempromosikan serta mensosialisasikan penerapan konsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) serta berbahan baku lokal yang bernilai ekonomis.

“Kemudian mendorong kreatifitas dan inovasi olahan pangan lokal yang bernilai komersial,” sebutnya.

Dengan demikian, kata bupati prinsip B2SA tidak hanya berhenti pada lomba saja, namun dapat ditindaklanjuti dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. khususnya dalam mempromosikan potensi olahan pangan lokal dari masing-masing kecamatan Se-Kabupaten Bulungan.

Untuk diketahui selain kegiatan tersebut, pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatangan surat perjanjian kerjasama oleh ketua tim penggerak PKK Bulungan dengan Rektor Unikaltar, DPD perhimpunan penyuluh pertanian Indonesia, Kepala DP3AP2KB Bulungan dan IPeKB Bulungan disaksikan oleh Bupati Bulungan. Sekaligus pengukuhan DPC IpeKB Bulungan periode 2019-2023.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *