Pemkab dan UGM Kerjasama Susun RDTR Tanjung Selor

Pemkab dan UGM Kerjasama Susun RDTR Tanjung Selor

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam rangka penyusunan rencana detail tata ruang (RDTR) Tanjung Selor, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan gelar Presentasi Laporan Akhir dan Focus Group Discussion (FGD) yang berkerjasama dengan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta pada Jumat (25/10/19). Direktur Kemitraan, Alumni, dan Urusan Internasional UGM, Dr. Danang Sri Hadmoko, M.Sc mengungkapkan bahwa kerjasama yang

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam rangka penyusunan rencana detail tata ruang (RDTR) Tanjung Selor, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan gelar Presentasi Laporan Akhir dan Focus Group Discussion (FGD) yang berkerjasama dengan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta pada Jumat (25/10/19).

Direktur Kemitraan, Alumni, dan Urusan Internasional UGM, Dr. Danang Sri Hadmoko, M.Sc mengungkapkan bahwa kerjasama yang dibangun antara Pemerintah Kabupaten Bulungan dan UGM Yogyakarta tersebut tentu sangat penting dalam rangka mensukseskan penyusunan RDRT Kecamatan Tanjung Selor yang dilakukan.

“Agar kita bisa saling memberikan masukan untuk kepentingan RDTR tersebut,” ucapnya di ruang Siti Nurbaya Center, Gedung KLMB Geografi UGM.

Selanjutnya, Bupati Bulungan, H.Sudjati, SH juga menekankan pentingnya posisi Tanjung Selor sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Utara dan prioritas pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) yang dikembangkan oleh pemerintah pusat.

“Oleh karena itu penyusunan RDTR ini diharapkan dapat mengakomodir perkembangan Tanjung Selor dimasa mendatang, termasuk sebagai wilayah penyanggah calon ibu kota negara di Provinsi Kalimantan Timur,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana, Prof. Dr. Suratman, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan agar dalam pembangunan, Pemkab Bulungan harus terus berinovasi di segala bidang.

Selanjutnya dilakukan presentasi yang disampaikan langsung oleh tim penyusun RDTR Kecamatan Tanjung Selor, yaitu Dr. Nurul Khakhim, M.Si. dan Dr. Sudrajat, S.Si., M.P.

Disampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian awal dari pentingnya dilaksanakan kegiatan penyusunan RDTR khususnya Kecamatan Tanjung Selor.  Selain itu juga terkait data dasar dalam perencanaan yaitu proyeksi penduduk.

Materi selanjutnya terkait struktur ruang disampaikan oleh David Hendri, S.T., M.T., IAP sekaligus menjelaskan analisis keruangan yang lebih detail dari rencana pengembangan wilayah. Selanjutnya yaitu Pola Ruang yang akan direncanakan dengan hal utama memperhatikan Rencana KBM oleh Agung Jauhari, S.Si., M.Si.

Dalam sesi diskusi, beberapa masukan disampaikan beberapa undangan yang hadir, mulai dari Kepala DPMD Bulungan, M.Sattar S.Sos, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bulungan Drs. M. Isnaini, M.Si, Kabid Tata Ruang DPUPR-PERKIMKalimantan Utara, Panji Agung dan Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Bulungan Yotam L. Salata.

Untuk diketahui, kegiatan juga dihadiri seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Bulungan dan pihak dan beberapa dari DPUPR-PERKIM Kalimantan Utara.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *