Wabup Buka Kegiatan Pelatihan 10.000 UMKM yang Digelar BRI

Wabup Buka Kegiatan Pelatihan 10.000 UMKM yang Digelar BRI

Bulungan, CitraBenuanta – Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, S.E, M.Si membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tanjung Selor, Sabtu (16/11/19). Wabup menjelaskan, pelatihan tersebut dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) BRI yang Ke-124, sehingga di seluruh Indonesia dilaksanakan pelatihan bagi 10.000 UMKM sebagai Corporate

Bulungan, CitraBenuanta – Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, S.E, M.Si membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tanjung Selor, Sabtu (16/11/19).

Wabup menjelaskan, pelatihan tersebut dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) BRI yang Ke-124, sehingga di seluruh Indonesia dilaksanakan pelatihan bagi 10.000 UMKM sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial bank tersebut kepada masyarakat, termasuk di Bulungan dimana terdapat peserta berjumlah 100 orang.

“Pemkab Bulungan juga menyambut baik adanya kegiatan ini sebagai upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan maupun perubahan sikap, yang dapat menunjang aktifitas para peserta dalam mengelola usaha bisnisnya sehingga menjadi UMKM yang inovatif, kreatif, mandiri dan berdaya saing,” ungkapnya di Hotel Pangeran Khar Jalan Katamso Tanjung Selor.

Untuk itu ia berharap semoga program tersebut dapat memberikan solusi terhadap permasalahan pengangguran dan kemiskinan khususnya di Kabupaten Bulungan. Wabup katakan, selain kualitas produk yang dihasilkan, sumber daya manusia juga merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas usaha.

“Sumber daya manusia yang handal di era globalisasi, kemajuan teknologi dan informasi sekarang ini sangat dibutuhkan, untuk mengembangkan UMKM di Bulungan, menggali potensi dan kompetensi SDM maupun mendukung penyerapan lapangan kerja,” tegasnya.

Lebih lanjut ia katakan, kebutuhan akan SDM yang handal tersebut bukan hanya sekedar komunikasi namun pengetahuan dan kemampuan atau skill yang sangat diperlukan dalam mengembangkan kualitas SDM nya.

“Oleh karena itu, melalui program pelatihan 10 ribu UMKM ini, saya harap dapat menginventarisir permasalahan dan memberikan solusi bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya,” jelasnya.

Selain itu juga memberikan bimbingan teknis dan fasilitasi akses-akses pendukung usaha. Memfasilitasi akses perijinan dan pembiayaan melalui lembaga keuangan, serta memfasilitasi akses pemasaran dan promosi produk-produk UMKM dari kabupaten Bulungan secara lokal, regional maupun nasional.

“Saya juga berpesan kepada peserta, agar mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya sehingga bisa memberikan manfaat baik dalam peningkatan pengetahuan, keterampilan maupun perubahan sikap,” sebutnya.

Selanjutnya wabup juga menekankan kepada peserta, pengajar/instruktur, dan berbagai pihak, khususnya kepada Bank BRI, pihaknya sekali lagi mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas terlaksananya pelatihan tersebut.

“Semoga ikhtiar kita mendapat ridho dari tuhan yang maha esa,” ujarnya.

Tak lupa juga Wabup atas nama Pemkab Bulungan juga mengucapkan selamat HUT ke 124 Bank Rakyat Indonesia di tahun 2019, ia juga berharap bank tersebut dapat semakin maju.

“Semoga pada usia yang baru BRI menjadi salah satu lembaga perbankan yang menjadi pilihan dan kepercayaan masyarakat di Bulungan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam pelatihan tersebut peserta diberikan materi seperti administrasi, manajemen keuangan, enterpreneurship dan pemasaran secara e-commerce (Dengan narasumber dari Tokopedia).(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *