Puncak Peringatan Hari Bakti Transmigrasi Digelar di Bulungan

Puncak Peringatan Hari Bakti Transmigrasi Digelar di Bulungan

Bulungan, CitraBenuanta – 12 Desember merupakan Hari Bakti Transmigrasi, di tahun ini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia memperingati hari tersebut di Bulungan, dengan menggelar upacara di Halaman Kantor Bupati Bulungan, Jalan Jelarai Raya, Kamis (12/12/19). Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Dirjen PKTrans) Kemendes, M.Nurdin.

Bulungan, CitraBenuanta – 12 Desember merupakan Hari Bakti Transmigrasi, di tahun ini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia memperingati hari tersebut di Bulungan, dengan menggelar upacara di Halaman Kantor Bupati Bulungan, Jalan Jelarai Raya, Kamis (12/12/19).

Dirjen PKTrans Kemendes M.Nurdin saat menjadi Irup dalam Upacara Peringatan Hari Bakti Transmigrasi ke 69 di Halaman Kantor Bupati Bulungan, Jalan Jelarai Raya, Kamis (12/12/19).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Dirjen PKTrans) Kemendes, M.Nurdin. dalam arahannya ia menyebutkan dalam peringatan yang ke 69 tersebut puncaknya di gelar di Bulungan, lantaran Bulungan salah satu dari 104 kabupaten yang lahir dari lokasi transmigrasi.

“Kabupaten Bulungan juga termasuk pionir dalam penempatan transmigrasi,” jelasnya mewakili Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar.

Bupati Bulungan H.Sudjati bersama dengan Wabup Kaltara H.Udin Hianggio berdampingan dengan Dirjen PKTrans Kemendes PDTT

Ia melanjutkan penempatan transmigran pertama yaitu pada tahun 1973 sebanyak 259 KK di permukiman transmigrasi Gunung Putih. Bulungan kata dia sangat mendukung program transmigrasi dan secara gotong royong, OPD berkontribusi dalam pengembangan kawasan transmigrasi.

“Saat ini sudah terdapat kawasan Salimbatu yang masuk dalam 63 kawasan Prioritas Nasional,” ungkapnya.

Bupati Bulungan H.Sudjati saat menyerahkan sertifikat transmigrasi kepada warga transmigran di Bulungan

Ia melanjutkan, sampai saat ini pula terdapat 16 permukiman transmigrasi, 8 diantaranya masih dalam status pembinaan yang berada di kawasan transmigrasi Salimbatu.

Penyerahan Kunci kepada Transmigran penempatan tahun 2019 ini oleh Dirjen PKTrans M.Nurdin

Dijelaskannya, melihat perkembangan kawasan transmigrasi di Bulungan saat ini ia turut bangga, tentu kata dia juga kebanggaan semuanya. Sehingga ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak atas dukungan dari Pemprov, Pemkab Kementerian dan beberapa lainnya.

“Yang telah berkontribusi dan berkolaborasi melalui penggerakan kawasan transmigrasi,” ujarnya.

foto bersama dengan penerima sertifikat

Terlepas dari itu, secara umum ia mengungkapkan sejumlah kontribusi positif dari program transmigrasi, yakni membuka keterisolasian daerah tertinggal. Program Transmigrasi telah berhasil membangun 3.608 SP atau satuan permukiman transmigrasi yang berada di 619 kawasan.

“Diantaranya telah berkembang menjadi pusat pertumbuhan baru berupa 1.336 desa definitif, 399 eks SP transmigrasi berkembang menjadi ibukota kecamatan, 104 eks SP mendukung ibukota kabupaten serta 2 ibukota provinsi.

“Salah satunya adalah Kaltara,” sebutnya.

Untuk diketahui dalam upacara tersebut juga dirangkaian dengan penyerahan beberapa bantuan, baik kepada masyarakat secara langsung hingga kepada instansi. Juga ada pembagian sertifikat lahan transmigrasi sebanyak 7.021 bidang serta penyerahan kunci kepada transmigran penempatan tahun 2019 ini di beberapa lokasi seperti di SP6B DAN SP10 dari daerah asal DIY, Jateng, Jatim serta lokal.

Kunjungan Kerja Kemendes PDTT ke Bulungan sendiri di wakili beberapa Direktorat Jenderal atau Ditjen, selain Ditjen PKTrans, juga ada Ditjen PKP2Trans yang langsung dihadiri Dirjennya, Hari Pramudiono. Juga ada Ditjen PDTu, yang dihadiri langsung Dirjennya Aisyah Gamawati yang mewakili Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar yang berhalangan hadir.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *