BPS Gelar Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020

BPS Gelar Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020

Bulungan, CitraBenuanta – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bulungan menggelar Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Bulungan dengan tema “Mencatat Indonesia Menuju Satu Data Kependudukan Untuk Indonesia Maju” yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna Lantai 2 Kantor Bupati Bulungan, Kamis (20/2). Dalam rapat tersebut, Bupati Bulungan yang diwakili oleh Staf Ahli Hukum, Politik dan Pemerintahan

Bulungan, CitraBenuanta – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bulungan menggelar Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Bulungan dengan tema “Mencatat Indonesia Menuju Satu Data Kependudukan Untuk Indonesia Maju” yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna Lantai 2 Kantor Bupati Bulungan, Kamis (20/2).

Dalam rapat tersebut, Bupati Bulungan yang diwakili oleh Staf Ahli Hukum, Politik dan Pemerintahan Drs. H. Agus Nurdiansyah menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini, sebagai bagian dari upaya mewujudkan data kependudukan yang akurat serta merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan.

“Data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan baik bagi pemerintah pusat maupun daerah, karena data yang akurat sangat penting untuk menyusun perencanaan yang benar” ucapnya.

Selain itu sensus penduduk yang dilakukan 10 tahun sekali bertujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan, dimana data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang, dan data hasil sensus penduduk 2020 nantinya tidak hanya bermanfaat untuk perencanaan masa kini tetapi juga untuk masa yang akan datang.

Dalam sambutannya dia menyebutkan bahwa ada dua inovasi dalam sensus penduduk 2020. Yang pertama yaitu, pemanfaatan data administrasi kependudukan sebagai data dasar pelaksanaan sensus dimana data-data ini nantinya akan dipakai oleh Kementerian Dalam Negeri. Lalu yang kedua adalah, sensus penduduk yang bersifat online dimana masyarakat dapat berpartisipasi dalam sensus penduduk dengan mudah.

Data hasil sensus penduduk 2020 ini selanjutnya akan digunakan sebagai penyempurnaan administrasi kependudukan yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai wujud dari implementasi Perpres No 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, dan Perpres No 62 Tahun 2019 tentang Strategi Nasional Percepatan Administrasi Kependudukan untuk Pengembangan Statistik Hayati.

Dia juga mengatakan bahwa sensus penduduk 2020 ini merupakan hajatan besar nasional yang bukan hanya tanggung jawab BPS tetapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama.

“Pelaksanaan SP 2020 ini sangat membutuhkan keterlibatan kita sampai aparat pemerintah wilayah administrasi terkecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, baik sensus penduduk online maupun sensus penduduk wawancara akan melibatkan camat, lurah, kepala desa sampai ketua atau pengurus RT dan RW” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama dia menginstruksikan kepada seluruh kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa, dan mengimbau kepada Instansi Vertikal, BUMN, BUMD di Kabupaten Bulungan untuk memberi dukungan penuh dalam kegiatan SP 2020. Dengan ikut menyebarluaskan informasi mengenai sensus penduduk 2020 di lingkungan kerjanya pada berbagai kesempatan dan media, diantaranya seperti forum masyarakat dan lain-lain serta mengajak seluruh pegawai dan warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam sensus penduduk online yang dimulai dari tanggal 15 februari sampai 31 maret 2020.

Pemerintah Kabupaten Bulungan juga akan memberikan fasilitas kepada BPS Kabupaten Bulungan, yang rencananya akan memberikan pendampingan dalam pengisian sensus penduduk online secara bersama di kantor masing-masing. (MC Bulungan/Hs)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *