Dinkes Bulungan Gelar Pertemuan Penilaian Kinerja Puskesmas se – Kabupaten Bulungan

Dinkes Bulungan Gelar Pertemuan Penilaian Kinerja Puskesmas se – Kabupaten Bulungan

Bulungan, CitraBenuanta – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan menggelar Pertemuan Penilaian Kinerja Puskesmas se – Kabupaten Bulungan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor Dinas Kesehatan Bulungan, dimana kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Bulungan H. Sudjati, SH, Selasa (25/02/2020). Bupati Bulungan dalam sambutannya, berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan ini dalam upaya mewujudkan pelayanan yang

Bulungan, CitraBenuanta – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan menggelar Pertemuan Penilaian Kinerja Puskesmas se – Kabupaten Bulungan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor Dinas Kesehatan Bulungan, dimana kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Bulungan H. Sudjati, SH, Selasa (25/02/2020).

Bupati Bulungan dalam sambutannya, berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan ini dalam upaya mewujudkan pelayanan yang bermutu di masing-masing puskesmas.

“Sebagaimana kita ketahui, Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) adalah agenda rutin di lingkungan dinas kesehatan, yang tujuannya adalah menilai seberapa baik pencapaian program kesehatan yang telah diamanatkan kepada puskesmas pada tahun lalu” ucapnya.

Dia juga mengatakan PKP dilakukan untuk melihat sejauh mana puskesmas melaksanakan fungsinya, antara lain sebagai Pusat Penggerak Pembangunan Berwawasan Kesehatan, sebagai Pusat Perberdayaan Masyarakat, serta sebagai Pusat Pelayanan Kesehatan Strata Pratama. Dimana kegiatan ini didasarkan pada keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 828 Tahun 2008 tentang Penilaian Kinerja Puskesmas.

Maksud dari kegiatan ini adalah sebagai instrumen mawas diri bagi puskesmas, yang dimana puskesmas menilai diri sendiri apa yang telah dicapai dan memperbaiki atau meningkatkannya di masa mendatang kemudian puskesmas dapat mengidentifikasi dan menganalisis masalahnya sendiri lalu mencari penyebab dan pemecahannya.

Setelah itu puskesmas dan dinas kesehatan dapat menentukan tingkat urgensi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan berdasarkan prioritas yang ada, sehingga dinas kesehatan dapat menetapkan dan mendukung kebutuhan sumber daya puskesmas dan menentukan tingkat urgensi pembinaan untuk masing-masing puskesmas.

Dalam sambutannya juga dia berpesan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kinerja puskesmas yang berkualitas secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pembangunan kesehatan di kabupaten bulungan.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk monitoring dan penilaian kinerja dilakukan sebagai wujud akuntabilitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat” pungkasnya.

Disamping itu juga, Bupati Bulungan sekaligus menyerahkan Sertifikat Reakreditasi dan Piagam Penghargaan Kinerja Puskesmas Terbaik untuk kategori Perkotaan yaitu Kota Tanjung Selor, kategori Pedesaan yaitu Desa Antutan dan kategori Terpecil yaitu Desa Long Bia. (MC Bulungan/Hs)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *