Peringati HPSN, Kegiatan Bersih-bersih Fokus di Hutan Kota Bunda Hayati

Peringati HPSN, Kegiatan Bersih-bersih Fokus di Hutan Kota Bunda Hayati

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melakukan upaya pembersihan di kawasan Hutan Kota Bunda Hayati, Jalan Sengkawit Tanjung Selor, Jumat (6/3/2020). Kegiatan tersebut diinisasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bulungan, diikuti dengan TNI, Polri, OPD di Pemkab maupun Pemprov, Lembaga, Instansi Vertikal, komunitas, mahasiswa hingga masyarakat

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melakukan upaya pembersihan di kawasan Hutan Kota Bunda Hayati, Jalan Sengkawit Tanjung Selor, Jumat (6/3/2020).

Wabup Bulungan Ingkong Ala saat memberikan sambutan

Kegiatan tersebut diinisasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bulungan, diikuti dengan TNI, Polri, OPD di Pemkab maupun Pemprov, Lembaga, Instansi Vertikal, komunitas, mahasiswa hingga masyarakat di wilayah Tanjung Selor.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Bulungan Ingkong Ala mengatakan adanya kegiatan tersebut juga sebagai tindak lanjut surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SE.1/MENLHK-PSLB3/P/PLB.0/2/2020 tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2020.

Kepala DLH Bulungan Iwan Sugiyanta saat memberikan laporan

“Kemudian melaksanakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, serta Peraturan Daerah Kabupaten Bulungan Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga,” jelasnya.

Untuk itu ia juga berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi sarana silaturrahmi bagi semua komponen masyarakat di Tanjung Selor untuk bersama menjaga kebersihan kota, serta menggerakkan masyarakat dalam rangka pengelolaan sampah berbasis masyarakat.

Wabup saat melakukan penandatangan komitmen bersama Pemkab Bulungan dengan seluruh komponen masyarakat dan swasta untuk mewujudkan Bulungan bersih bebas sampah menuju Adipura 2020

“Pada kesempatan ini saya juga mengimbau semua komponen masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik, sesuai amanat Perda Bulungan terutama dalam hal membuang sampah, dan Surat Edaran Nomor 660/132/DLH-SET/I/2020 tentang kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah,” bebernya.

Ia juga menekankan peran serta RT dan RW dalam mengarahkan dan membina masyarakat untuk membuang sampah di tempat sampah sementara, dengan tertib dan beretika.

peserta gotong royong

“Saya juga mengingatkan, kepada para pekerja kebersihan yang terdiri dari penyapu jalan, pembersih parit, pembersih bahu jalan dan pengangkut sampah, yang tercatat sebanyak 243 orang di DLH Bulungan, agar dilakukan pemeriksaan kesehatan dalam rangka menjaga kesehatan mereka sehingga tetap sehat dan bugar dalam melaksanan pekerjaannya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan apresiasi kepada DLH Bulungan, serta mengucapkan terima kasih. Juga kepada semua pihak yang mendukung dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“Yang bertujuan mewujudkan lingkungan bersih, membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan serta menanggulangi permasalahan sampah khususnya di wilayah Bulungan,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *