MTQ di Sekatak, Dilaksanakan Secara Sederhana

MTQ di Sekatak, Dilaksanakan Secara Sederhana

Bulungan, CitraBenuanta – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksana Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten yang sedianya dilaksanakan secara meriah, tahun ini pelaksanaannya di Kecamatan Sekatak dilaksanakan secara sederhana. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Panitia MTQ Kabupaten yang ke-45, Ahmad Safri, tentunya kata dia hal ini berkaitan dengan upaya pencegahan pandemi Covid-19 atau virus corona di

Bulungan, CitraBenuanta – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksana Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten yang sedianya dilaksanakan secara meriah, tahun ini pelaksanaannya di Kecamatan Sekatak dilaksanakan secara sederhana.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Panitia MTQ Kabupaten yang ke-45, Ahmad Safri, tentunya kata dia hal ini berkaitan dengan upaya pencegahan pandemi Covid-19 atau virus corona di wilayah Bulungan.

Ahmad Safri, Ketua Umum Panitia MTQ Tingkat Kabupaten Bulungan

“Sehingganya pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten Bulungan di Kecamatan Sekatak dilaksanakan secara sederhana, tanpa  ceremonial seperti pembukaan, pawai, hingga penutupan,” jelasnya saat dijumpai, Minggu (22/03/2020).

Ia melanjutkan sejatinya persiapan telah dilakukan jauh hari sebelumnya agar meriahnya MTQ di kecamatan tersebut dapat dirasakan masyarakat, namun lantaran merebaknya pandemi covid-19 membuat pemerintah berupaya melakukan pencegahan dengan perintah untuk social distancing atau membatasi jarak sosial.

“Presiden telah mengintruksikan agar kegiatan-kegiatan yang berpotensi mengumpulkan orang banyak agar bisa ditunda atau ditiadakan, juga jajaran di pemkab bulungan juga ada edaran serupa,” ungkapnya.

MTQ di Sekatak sendiri lanjutnya telah dimulai sejak tanggal 22 Maret 2020, ada sebanyak 487 peserta yang datang dari 10 kecamatan yang ada di Bulungan, dengan rincian Tanjung Selor sebanyak 73 orang, Tanjung Palas 69 orang, Sekatak 45 orang, Tanjung Palas Barat 51 orang.

“Sementara untuk Tanjung Palas Timur ada sebanyak 55 orang, Tanjung Palas Tengah  49 orang, Tanjung Palas Utara 55 orang, Peso 36 orang, Peso Hilir 19 orang dan Bunyu 35 orang,”  sebutnya.

Semua peserta tersebut kata dia akan berlomba dalam 7 cabang perlombaan dan 20 kegiatan.  Sistemnya ia katakan tidak ada final, langsung mengambil poin tertinggi untuk juaranya.

“Setiap sesi kegiatan lomba dibatasi jumlah persertanya yaitu sebanyak 5 orang, pelaksanaannya juga akan dikebut agar bisa cepat selesai,” tegasnya.

Berkaitan dengan sederhananya MTQ di Kecamatan Sekatak ia katakan dengan kejadian tersebut tidak ada yang perlu disalahkan, meski masyarakat, peserta dan penitia juga ada rasa kekecewaan.

“Keadaan ini yang mengharuskan kita melaksanakan MTQ secara sederhana meski persiapan kami sudah sangat matang,” terangnya.

Pihaknya kata dia sebenarnya juga merasa kecewa atas dibatalkannya beberapa kegiatan yang telah direncanakan, tapi ia kembali menegaskan tidak bisa menyalahkan siapa-siapa.

“Keadaan sudah seperti itu dan ini juga untuk kebaikan serta kesehatan masyarakat banyak. Pelaksanaan tetap berjalan dengan lancar hingga sejauh ini sesuai dengan yang kita harapkan,” bebernya.

Dilokasi kegiatan kata dia juga telah disediakan posko kesehatan, seluruh tempat pemondokan, arena hingga sekretariat juga telah dilakukan penyemprotan disimfektan dan seluruh panitia dan peserta telah dilakukan cek suhu badan.

“Namun tidak ada temuan atau yang mengarah kepada Covid-19,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *