Bulungan Siapkan Rp 47 M Untuk Covid-19

Bulungan Siapkan Rp 47 M Untuk Covid-19

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam rangka percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 di Bumi Tenguyun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan menyiapkan anggaran sebesar Rp 47 miliar. Sebagaimana yang diungkapkan Bupati Bulungan H.Sudjati, SH. Dijelaskan bupati, jumlah anggaran yang dialokasikan tersebut berasal dari realokasi anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebesar Rp 26 miliar, Rp 19 miliar anggaran yang

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam rangka percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 di Bumi Tenguyun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan menyiapkan anggaran sebesar Rp 47 miliar. Sebagaimana yang diungkapkan Bupati Bulungan H.Sudjati, SH.

Dijelaskan bupati, jumlah anggaran yang dialokasikan tersebut berasal dari realokasi anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebesar Rp 26 miliar, Rp 19 miliar anggaran yang ada di Dinas Kesehatan atau di Puskesmas dan Rp 2 miliar anggaran tak terduga.

“Anggarannya berkisar Rp 47 miliar,” ungkapnya, Rabu (8/4/2020).

Anggaran tersebut lanjut bupati saat ini sudah di B Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan telah ditindaklanjuti oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Pengembangan (Bappeda-Litbang).

Terkait dengan realokasi anggaran, lanjutnya berdasarkan informasi BPKAD Bulungan mulai Rabu (8/4/2020) BPKAD telah memproses Peraturan Bupati (Perbup), bersama dengan Bagian Hukum.

“Sehingga pencairan dan penggunaan anggaran bisa dilakukan,” jelasnya.

Meski demikian kata dia dari beberapa sumber anggaran tersebut belum semua bisa dicairkan sebab anggaran sebesar Rp 19 miliar tersebut masih dalam tahap verifikasi. Untuk Rp 26 miliar sudah bisa dicairkan.

“Yang Rp 2 miliar nanti dicairkan lewat BPB,” jelasnya.

Bupati juga menerangkan meski pelaksanaan Pilkada tahun ini dipastikan ditunda, anggaran yang ada untuk pelaksanaan tersebut sebagian besar tidak terpakai, namun akan dikembalikan ke kas pemerintah daerah.

Karena Sesuai arahan Mendagri, anggaran yang sebelumnya digunakan untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tersebut akan direalokasi untuk penanganan Covid-19. “Kalau itu (anggaran Pilkada) tidak kita gangu dulu lah,” jelasnya mengakhiri.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *