Pemkab Ikuti Vicon Bahas Persiapan Ramadan dan Idul Fitri 1441 H

Pemkab Ikuti Vicon Bahas Persiapan Ramadan dan Idul Fitri 1441 H

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam rangka persiapan menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1441 H, Pemerintah Kabupaten Bulungan mengikuti rapat virtual atau video conference (Vicon) dengan Pemerintah Provinsi, Kanwil Kemenag dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kaltara yang diikuti pula seluruh kabupaten/ kota, di ruang teleconference Diskominfo Bulungan, Senin (13/4/2020). Rapat yang dihadiri Sekkab Bulungan

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam rangka persiapan menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1441 H, Pemerintah Kabupaten Bulungan mengikuti rapat virtual atau video conference (Vicon) dengan Pemerintah Provinsi, Kanwil Kemenag dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kaltara yang diikuti pula seluruh kabupaten/ kota, di ruang teleconference Diskominfo Bulungan, Senin (13/4/2020).

Rapat yang dihadiri Sekkab Bulungan Drs.Syafril, pihak Kemenag, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Bulungan tersebut membahas beberapa hal, seperti implementasi beberapa aturan yang ada dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 khususnya di lingkungan ibadah.

Seperti Edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Tengah Pandemi Wabah Covid-19. Sementara di Bulungan sendiri bupati juga telah mengeluarkan edaran Nomor 400/53/Kesra-IV/2020 tentang Antisipasi Penyebaran Wabah Covid-19 di Lingkungan Rumah Ibadah.

Seperti disampaikan Kakanwil Kemenag Kaltara H.Suriansyah, agar aturan tersebut dapat disampaikan dengan baik kepada masyarakat agar tidak menjadi bias. Peran aparatur yang membidangi keagamaan menjadi sangat penting dalam hal ini.

“Kemenag harus berperan untuk menyampaikan ini dengan baik, kepala-kepala KUA di kecamatan juga harus berperan, memahami betul isi ederan tersebut agar bisa disampaikan kepada masyarakat maupun tokoh-tokoh agama,” jelasnya.

Hal lain yang turut menjadi pembahasan ialah terkait pengelolaan zakat, infaq dan Sedekah. Gubernur Kaltara H.Irianto Lambrie mengimbau agar proses pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS), utamanya zakat profesi dan zakat harta dapat dilakukan sebelum Ramadan 1441 H.

“Untuk zakat fitrah, saya kira dapat dilakukan pada bulan Ramadan, namun dengan tetap mengedepankan kebijakan social atau physical distancing,” kata Gubernur.

Sekkab Bulungan Drs.Syafril dalam keterangannya membeberkan, pihak Pemkab Bulungan sejauh ini juga telah berkoordinasi dengan, Kemenag maupun Baznas Bulungan.

“Untuk hal-hal pengambilan keputusan dalam rangka menghadapi Ramadan dan Idul Fitri tahun ini di tengah wabah Covid-19, Pemkab juga siap untuk melaksanakan aturan-aturan yang ada dalam rangka menyikapi pandemi tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Baznas Bulungan H.Masdan Saleh berkaitan dengan pengelolaan zakat di Bulungan, pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan pembentukan petugas melalui kelurahan dan RT-RT yang ada, khususnya di Tanjung Selor. “Biasanya kan juga ada posko, nantinya akan tetap mengacu pada protokoler kesehatan, seperti akan disiapkannya tempat cuci tangan dan penerapan physical distancing. Yang datang nantinya akan diatur agar tidak bergerombol atau berkumpul,” jelasnya.(MC Bulungan/sny)

Samsul Umardhany
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *