Bulungan Perpanjang Status Tanggap Darurat Selama 33 Hari

Bulungan Perpanjang Status Tanggap Darurat Selama 33 Hari

Bulungan, CitraBenuanta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan memperpanjang masa tanggap darurat non alam Covid-19 di Kabupaten Bulungan selama 33 hari kedepan, sebagai upaya antisipasi penyebaran wabah virus tersebut. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Bulungan Nomor 504/K-IV/36 TAHUN 2020 tentang Perpanjangan Status Tanggap Darurat Bencana Non Alam Covid-19 di Kabupaten Bulungan Tahun 2020. “Iya diperpanjang

Bulungan, CitraBenuanta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan memperpanjang masa tanggap darurat non alam Covid-19 di Kabupaten Bulungan selama 33 hari kedepan, sebagai upaya antisipasi penyebaran wabah virus tersebut.

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Bulungan Nomor 504/K-IV/36 TAHUN 2020 tentang Perpanjangan Status Tanggap Darurat Bencana Non Alam Covid-19 di Kabupaten Bulungan Tahun 2020.

“Iya diperpanjang selama 33 hari, sejak tanggal 27 April hingga 29 Mei 2020,” ungkapnya.

Hal ini lanjut bupati karena beberapa pertimbangan, salah satunya ialah bahwa penyebaran Covid-19 ini semakin meluas dan menyebabkan kerugian harta benda, dampak psikologis pada masyarakat serta mengancam dan menganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat.

“Sehingga diperpanjang dengan masa waktu tersebut,” jelasnya.

Keputusan ini lanjut bupati juga memperhatikan Keputusan Kepala BNPB Nomor 13.A Tahun 2020 Tentang Perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19.

“Juga hasil rapat bupati dengan Gugus Tugas Percepatan Penangganan Covid-19 Tanggal 25 April tentang Penangganan wabah tersebut,” jelasnya.

Dengan diperpanjangnya masa tanggap darurat tersebut lanjutnya tentu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Bumi Tenguyun—sebutan lain Bulungan terus dilakukan.

“Termasuk sosialisasi kepada masyarakat. Khususnya yang berkaitan dengan physical distancing atau jarak fisik. Saat ini masih banyak masyarakat yang mengabaikan itu,” tukasnya.

Oleh karena itu dengan adanya masa perpanjangan ini maka akan menjadi kesempatan untuk daerah agar bisa kembali menyadarkan masyarakat akan pentingnya physical distancing.

 “physical distancing ini penting, karena antara yang satu dengan yang lain tidak tahu apakah sudah terpapar atau tidak,” sebutnya.

Untuk itu ia terus mengimbau agar masyarakat Bulungan dapat memperhatikan kebijakan yang telah diberikan oleh Pemerintah, untuk upaya memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

“Bersama-sama kita lakukan, agar ini bisa cepat berakhir dan kita semua dapat menjalani kehidupan normal lagi,” ucapnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Bulungan per tanggal 29 April 2020 lanjutnya, saat ini jumlah pasien sembuh akibat Covid-19 bertambah 1 Orang, sehingga total orang sembuh saat ini adalah sebanyak 2 Orang.

“Itu setelah dilakukan test swab sebanyak dua kali hasilnya negatif,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *