PMI Bulungan Terus Berupaya Cegah Covid-19

PMI  Bulungan Terus Berupaya Cegah Covid-19

Bulungan, CitraBenuanta – Berdasarkan Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan pada tanggal 18 Maret 2020 bersamaan dengan seluruh OPD serta instansi, maka PMI Kabupaten Bulungan ikut serta dalam Gugus Tugas Penanganan COVID-19 diwilayah Kabupaten Bulungan. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bulungan per tanggal 5 Mei 2020 status COVID-19 ada sebanyak 32 orang ODP, 24 orang PDP

Bulungan, CitraBenuanta – Berdasarkan Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan pada tanggal 18 Maret 2020 bersamaan dengan seluruh OPD serta instansi, maka PMI Kabupaten Bulungan ikut serta dalam Gugus Tugas Penanganan COVID-19 diwilayah Kabupaten Bulungan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bulungan per tanggal 5 Mei 2020 status COVID-19 ada sebanyak 32 orang ODP, 24 orang PDP dan 38 orang positif. Bertambahnya kasus persebaran COVID-19 di Kabupaten Bulungan Kemenkes menetapkan Kabupaten Bulungan menjadi daerah Transmisi Lokal  pada tanggal 17 April 2020,

Dengan bertambahnya jumlah kasus Pemerintah Kabupaten Bulungan  membentuk tim gugus tugas penangan COVID-19 yang bekerjasama dengan BPBD,TNI, POLRI dan Intansi Lainnya. Sehingga saat ini membuka layanan posko bersama dengan Polres Bulungan yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah pelarangan mudik untuk pencegahan dan penyebaran COVID-19

Meningkatnya wabah COVID-19, pemerintah pun menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik, melakukan pola hidup sehat, apabila dikeramaian menjaga jarak sekurang-kurangnya  1 meter, biasakan cucui tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. Serta menjaga pola makan yang teratur dan makan-makanan yang bergizi terutama sayur-sayuran dan buah-buahan.

Sebagai upaya pencegahan dan pengananan wabah COVID-19 PMI Kabupaten Bulungan ikut serta membantu pemerintah untuk pencegahan dan penanganan dengan melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dan promosi kesehatan.

Dijelaskan Sekretaris PMI Bulungan, Kasman pada Selasa (5/5/2020) pihaknya telah melakukan kegiatan rutin dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Bulungan, dimana kegiatan yang dilakukan seperti penyemprotan disinfektan, promosi kesehatan, distribusi air bersih dan distribusi cairan disinfektan.


“Ada sebanyak 446 lokasi yang dilakukan penyemprotan disinfektan, sebanyak 29.207 jiwa mendapat promosi kesehatan, sebanyak 8.200 liter air bersih juga telah didistribusikan dan sebanyak 61 pcs untuk distribusi cairan disinfektan, yang jika ditotal ada sebanyak 56.121 jiwa yang menerima manfaat,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut kata dia sebagian besar dilaksanakan di Desa Tengkapak seperti penyemprotan disinfekatn, distribusi air bersih dan promosi kesehatan di 4 RT yang ada, sebagiannya lagi di Desa Jelarai untuk distribusi cairan disinfektan yaitu di Portal desa setempat.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *