Hari Ini BST Pusat di Bulungan Mulai Dicairkan

Hari Ini BST Pusat di Bulungan Mulai Dicairkan

Bulungan, CitraBenuanta – Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI bagi penerima manfaat di Bulungan akhirnya disalurkan melalui Kantor POS, Bupati Bulungan Sudjati secara simbolis menyerahkan BST tersebut kepada masyarakat, Jumat (8/5/2020). Dari pantauan, penyaluran mulai dilakukan pukul 07.30 wita, masyarakat terlihat mulai mengisi halaman kantor POS dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19.

Bulungan, CitraBenuanta – Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI bagi penerima manfaat di Bulungan akhirnya disalurkan melalui Kantor POS, Bupati Bulungan Sudjati secara simbolis menyerahkan BST tersebut kepada masyarakat, Jumat (8/5/2020).

Dari pantauan, penyaluran mulai dilakukan pukul 07.30 wita, masyarakat terlihat mulai mengisi halaman kantor POS dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19.

Penyaluran juga dijaga oleh aparat keamanan dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk kemudahan,  masyarakat juga dibantu oleh TKSK, Penyuluh Sosial, Pendamping PKH dan Tagana.

Dalam arahannya Bupati Bulungan Sudjati menyampaikan bahwa penyaluran via POS tersebut merupakan yang pertama setelah sebelumnya masyarakat penerima manfaat yang memiliki rekening BRI dan BNI juga telah disalurkan.

“Saya berharap masyarakat yang hendak mengambil BST ini agar tetap bisa mematuhi protokol kesehatan dan menjaga ketertiban, sehingga tidak terjadi hal-hal yang kita inginkan,” jelasnya.

Ia juga berharap kepada masyarakat agar BST tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, terlebih di masa pandemi saat ini yang berdampak pada ekonomi masyarakat yang mulai terganggu.

“Saya berharap dapat digunakan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinsos Bulungan Zainuddin, saat dikonfirmasi menyebutkan hari ini merupakan hari pertama penyaluran BST pusat yang mana penyalurannya melalui POS, dimana hari pertama sebanyak dua POS melakukan penyaluran.

“Untuk dihari pertama ini yaitu POS Tanjung Selor yang melakukan penyaluran bagi masyarakat di Kelurahan Tanjung Selor Hilir dan Hulu, satu POS nya lagi yaitu di Tanjung Palas menyalurkan untuk penerima manfaat di Kelurahan Karang Anyar,” jelasnya.

Mengingat jumlah yang telah terverifikasi ada sebanyak 5.954 Keluarga Penerima Manfaat, maka tentunya penyalurannya dilakukan secara bertahap, terlebih di Bulungan hanya memiliki 4 Kantor POS, yaitu Tanjung Selor, Tanjung Palas, Bunyu dan Tanjung Palas Utara.

“Jadi akan dilakukan secara bertahap, penyaluran akan dilakukan hampir setiap hari, mulai pukul 07.30 hingga 15.30 wita,” jelasnya.

Sementara untuk kecamatan lainnya yang tidak ada POS kata dia, penyalurannya akan melalui komunitas atau relawan yang ada seperti TKSK maupun Pendamping PKH, yang nanti akan mengumpulkan masyarakat penerima manfaat di suatu desa tersebut.

Mengenai jadwal, kata dia pihak POS lah yang akan mengatur dengan melihat kondisi yang ada di lapangan dan tetap berkoordinasi dengan pihaknya. Namun terlepas dari itu kata dia untuk BST yang disalurkan tersebut merupakan jatah bulan April.

“BST ini kan diberikan selama 3 bulan sebesar Rp 600 ribu perbulan, hari ini untuk bulan April, yang tahap pertama ini hanya satu bulan saja yang diberikan untuk dua bulan tersisa kami akan lihat dana yang digelontorkan pusat, apakah akan diberikan dua bulan sekaligus atau bagaiaman nanti,” terangnya.

Sementara itu Kepala POS Tanjung Selor Faqih Rudi M menjelaskan untuk penyaluran hari pertama tersebut berdasarkan data yang diterima pihaknya ada sebanyak 381 KPM yang mengambil di loket pos.

“Hari ini melalui loket ada sebanyak 381 KPM yang akan mengambil, sementara yang di POS Tanjung Palas ada sebanyak 111 KPM. Untuk dua Pos Lainnya yang belum akan kami susun segera jadwalnya, ” jelasnya.

Jadwal Penyaluran POS Tanjung Selor

Untuk jadwal kelurahan yang lain adalah sebagai berikut, untuk Sabtu (9/5/2020) Untuk pos Tanjung Selor itu dijadwalkan untuk Kelurahan Jelarai dimana ada sebanyak 400 KPM, Sementara di POS Tanjung Palas dijadwalkan untuk kelurahan Gunung Putih dan Tanjung Palas Tengah sebanyak 82 KPM.

Jadwal Penyaluran POS Tanjung Palas

Untuk hari Minggu (10/5/2020) Untuk Pos Tanjung Selor dijadwalkan untuk kelurahan Jelarai, Tengkapak, Gunung Seriang, Bumi Rahayu dan Gunung Sari, sebanyak 384 KPM. Untuk Pos Tanjung Palas baru akan melayani pada Senin (11/5/2020) dijadwalkan untuk kelurahan Tanjung Palas Hulu sebanyak 144 KPM. Selengkapnya bisa dilihat Gambar yang ada.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *