Bulungan Laksanakan Laporan Akhir Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD

Bulungan Laksanakan Laporan Akhir Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD

Bulungan, CitraBenuanta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Badan Perencanaan Daerah – Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) melaksanakan Seminar Laporan Akhir Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD  Bulungan 2021-2024, Rabu (29/7/2020). Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Bappeda dan Litbang Bulungan M.Isnaini, yang selanjutnya juga ada paparan dari Unit Layanan Strategis Percepatan Pembangunan Inovasi Daerah (ULS-PPID) Universitas Mulawarman Samarinda

Bulungan, CitraBenuanta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Badan Perencanaan Daerah – Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) melaksanakan Seminar Laporan Akhir Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD  Bulungan 2021-2024, Rabu (29/7/2020).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Bappeda dan Litbang Bulungan M.Isnaini, yang selanjutnya juga ada paparan dari Unit Layanan Strategis Percepatan Pembangunan Inovasi Daerah (ULS-PPID) Universitas Mulawarman Samarinda selaku pihak yang berkerjasama melakukan penelitian.

Disebutkan M.Isnaini, seminar laporan akhir Penyusunan Rancangan Teknokratik Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD tersebut dilaksanakan sesuai dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada, sehingganya seluruh undangan yang ada tidak dikumpulkan semua dalam satu tempat, melainkan ada juga yang mengikuti secara virtual.

“Dihadiri oleh organisasi perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemkab Bulungan dan beberapa lainnya, diantaranya ULS PPID Unmul Samarinda yang mengikuti secara virtual, termasuk tim KLHS,” sebutnya.

Dijelaskannya pula, apa yang dilakukan dalam pertemuan tersebut akan menentukan masa depan Bulungan untuk tahun-tahun kedepannya. Ia katakan bahwa kepentingan dokumen perencanaan untuk lima tahun kedepan tentunya perlu untuk mendapatkan masukan-masukan.

“Intinya perencanaan untuk lima tahun kedepan adalah bagian dari kontribusi kita atau seluruh organisasi perangkat daerah yang nantinya akan dilaksanakan oleh kepala daerah terpilih untuk 2021 hingga 2024,” terangnya.

Sehingganya sambungnya, kegiatan tersebut cepat dilaksanakan agar calon kepala daerah berikutnya juga dapat menyusun visi dan misi yang akan dilaksanakan, oleh karenanya seluruh calon kepala daerah nantinya juga wajib mengetahui dokumen perencanaan untuk lima tahun kedepan.

Oleh karenanya lanjut Isnaini, selaku organisasi perangkat daerah, yang melaksanakan sektor-sektor yang menjadi tugas pemerintahan, pembangunan kemasyarakatan menjadi peran semuanya.

“Intinya secara substansi dokumen perencanaan pembangunan lima tahun kedepan itu adalah bagian dari masukan-masukan kita saat ini,” ucapnya.

Untuk itu dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian masukan-masukan dari Organisasi perangkat daerah yang hadir secara menyeluruh, sebab kegiatannya adalah seminar Laporan Akhir Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD  Bulungan 2021-2024. Selain itu, mengingat Pilkada Bulungan selanjutnya akan digelar pada tahun 2024, sehingga untuk menghindari kekosongan dokumen perencanan untuk tahun 2025, maka RPJMD Bulugan disepakati agar disusun menjadi  2021-2025.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *